Caleg DPR RI Dapil XI Lepas Keberangkatan PPDI Garut Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional

0
145

HARIANGARUT-NEWS.COM – Hampir setiap tahun, Hari Disabiltas Internasional (HDI) digelar. Moment yang jatuh pada 3 Desember itu, menjadi pengingat dan dimanfaatkan oleh mereka yang berkebutuhan khusus menunjukkan diri, unjuk kebolehan, menampilkan eksistensi bahwa mereka bisa seperti manusia normal yang lainnya.

Bertepatan dengan HDI tersebut, Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar XI dari Partai Demokrat Nomor Urut 8, H Asep Achlan, didamping Tenaga Ahli (TA) Kogasma, Nendi Sajidin, Minggu (02/12) malam, melepas 30 anggota dan pengurus Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Garut untuk menghadiri Hari Disabilitas Internasional di Hotel Summarecon, Jalan Raya Bulevard, Marga Mulya, Kota Bekasi.

“Malam ini kita melepas pengurus PPDI untuk menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional di Bekasi selama dua hari. Kita berikan apresiasi kepada mereka karena secara fisik normal, belum tentu bisa melakukan hal-hal yang justru oleh penyandang disabilitas menjadi suatu hal yang mustahil. Tidak sedikit atlit Pekan Paraliympic Pelajar Daerah (Pepaperda) berasal dari PPDI yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Garut,” ujar H Asep Achlan.

Sebelum keberangkatan, Caleg DPR RI Dapil XI Partai Demokrat Nomor Urut 8, H Asep Achlan, bercengkrama dengan pengurus PPDI Garut, Minggu (02/12) malam.

Dikatakan Asep, patut diketahui hingga saat ini masih terselip cerita panjang perjuangan penyandang disabilitas untuk memperoleh persamaan hak dan kesempatan di semua lini kehidupan bermasyarakat. Layak rasanya menjadikan penyandang disabilitas sebagai bagian yang tidak terlepas dalam upaya memajukan daerah khususnya di Kabupaten Garut.

Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak 2019, anggota DPRD Kabupaten Garut yang masih aktif ini bukan saja menarik melihat partisipasi penyandang disabilitas, namun Asep memang memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakatnya. Bahkan dalam kesempatan tersebut, Asep turut membantu meringankan biaya pembayaran kendaraan.

“Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu telah mengatur kesamaan hak dan kesempatan bagi setiap warganegara untuk berpartisipasi dalam Pemilu, termasuk penyandang disabilitas. Sudah sepantasnya Pemerintah memberikan perhatian lebih kepada mereka,” tandas Asep Achlan di Sekretariat PPDI Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul.

Sementara pengurus PPDI Kabupaten Garut, Komar mengatakan, penyandang disabilitas intelektual merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Mereka hidup, tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, dan mengadakan interaksi dengan anggota masyarakat lainnya. Namun kata dia, pemerintah dirasakan masih belum maksimal dalam memberikan bantuan.

“Pemerintah Kabupaten Garut diharapkan terus memberikan perhatian kepada kaum disabilitas. Baik memberikan pelatihan maupun mengembangkan keterampilan sosial terkait ADL, mobilitas, dan interaksi sosial. Dengan begitu, penyandang disabilitas dapat ikut terlibat penuh dalam kegiatan kemasyarakatan sehingga akan berdampak positif pada penurunan stigma,” pungkas Komar. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY