Wakil Bupati Garut Peringati Hari AIDS Se-Dunia Bersama Komunitas Penggerak Sosial

0
163

HARIANGARUT-NEWS.COM – Sosialisasi pencegahan penyakit HIV/AIDS makin digencarkan. Bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia yang jatuh tanggal 1 Desember, Komunitas Sabanda Sariksa bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Garut, FK-KIM, BJB, ORARI, IJTI, DPD PANNA, Story Company, LYCKA, FnB Studio, Riska School Uniform, dan M46 menepatkan sebagai momen untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS yang disebabkan virus HIV.

Melalui rangkaian acara yang ditujukan langsung kepada masyarakat, Komunitas Sabanda Sariksa bersama Komunitas Garut lainnya menyuarakan tolak dan stop stigmatisasi dan diskriminasi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di halaman Bank BJB, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Sabtu (01/12). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Garut yang juga Ketua Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Garut, dr Helmi Budiman.

Disela-sela acara, Ketua Komunitas Sabanda Sariksa, Bayu Ningrat menyampaikan, peringatan Hari AIDS Se-Dunia ini adalah kesempatan bagi semua orang di seluruh dunia untuk bersatu dalam perang melawan HIV/Aids, dan menunjukan dukungan bagi orang yang hidup dan mengenang mereka yang telah meninggal karena penyakit AIDS, tandasnya.

“Tentu perlu keseragaman langkah dan bersatu padu menyatakan perang melawan HIV. Kegiatan ini pun memaknai Hari AIDS Se-Dunia dan dilaksanakan pemeriksaan dan pengobatan gratis hasil kerjasama Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Garut, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan Dinas Kesehatan Garut,” ujar Bayu.

Wakil Bupati Garut, sekaligus Ketua Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Garut, dr Helmi Budiman saat memberi sambutan pada Peringatan Hari Aids Se-Dunia, Sabtu (01/12).

Sementara itu Wakil Bupati Garut mengatakan disisi lain hal ini menjadi warning bagi kaum milenial sebagai generasi muda yang diharapkan sehat, hebat, cerdas selalu mewaspadai bahaya narkoba, seks bebas, kekerasan, radikalisme. Dan Wabup berpesan untuk penderita HIV/AIDS agar menjauhi penyakitnya bukan orangnya, katanya.

“Melalui Peringatan Hari Aids Sedunia ini, kita harus mampu menumbuhkan kesamaan sikap dalam rangka pemberantasan virus HIV/AIDS serta meningkatkan komitmen untuk melakukan upaya pencegahan secara bersama dan harus tetap konsisten dalam melakukan upaya upaya pencegahan serta upaya upaya terhadap penangulangannya di Kabupaten Garut, itu juga dapat kita lakukan melalui berbagai aktivitas seperti halnya yang dilakukan oleh komunitas penggerak sosial ini,” ujar Wakil Bupati Garut.

Sementara Anggota Komisi X DPRD Provinsi Jawa Barat, H Tate Komarrudin yang turut hadir di acara berpesan selain mengajarkan cara mencegah HIV/AIDS, orang tua juga harus mengajak anak-anaknya agar mau merangkul Orang yang Hidup Dengan HIV/AIDS (OHIDA).

“Orang tua mesti terbuka dengan anak-anak dan menciptakan kehangatan. Dengan begitu anak merasa nyaman bercerita apa saja dengan orang tua, dari situ muncul komunikasi yang baik sehingga anak-anak kita tidak akan merasa canggung untuk bercerita permasalahan apapun termasuk menjelaskan apa itu HIV /AIDS dan bagaimana bisa terinfeksi serta pencegahan,” tutup Tate Komarrudin yang akan maju di Pileg 2019 sebagai Caleg DPR RI Dapil XI dari PKS tersebut. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY