Pamsimas Garut Gelar Pelatihan Penguatan Kader AMPL

0
142

HARIANGARUT-NEWS.COM – Tak cukup dengan pembekalan pelatihan pada pengurus Kelompok Pengelolaan Sarana Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS), Distric Consultant (DC) Pamsimas Kabupaten Garut menggelar pelatihan penguatan kader Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) bagi Desa Lama Program Pamsimas III Kabupaten Garut, tanggal 6-8 November 2018, di Hotel Augusta Jalan Cipanas, Kabupaten Garut.

Hadir Distric Consultant (DC) Garut Lia Heryani dan para Fasilitator Masyarakat (FM), Ketua BPSPAMS/KPSPAMS Jawa Barat Agus Kusnadi, Ketua BPSPAMS/KPSPAMS Kabupaten Garut Mulyati serta 130 peserta kader AMPL Se-Kabupaten Garut.

Peserta Kader AMPL dari Desa Ciroyom Kecamatan Cikelet Ahmad Sutiana S Pd I mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus sekali karena pengelolaan Pamsimas dilapangan memang masih memerlukan bimbingan dari para Fasilitator, sehingga Pamsimas Kabupaten Garut bisa lebih sukses, baik Pamsimas desa lama maupun yang baru di bangun.

“Sayang kalau biaya pemerintah sebegitu besarnya, hasilnya terbengkalai, apalagi Kabupaten Garut selalu jadi barometer di Jawa Barat dalam suksesnya Program Pamsimas dengan target Universal Akses Air 2019,” ujar Ahmad.

Distric Consultant Pamsimas Garut, Lia Heryani mengatakan bahwa pelatihan kader AMPL ini agar mereka mampu mensosialisasikan program Pamsimas di masyarakat, serta mampu mendampingi dan memfasilitasi program dari mulai persiapan, perencanaan serta keberlanjutan program Pamsimas.

“Saya berharap Kader AMPL mampu dan terampil sesuai kebutuhan program Pamsimas di masing-masing desa, agar Pamsimas Garut sesuai target, Akses Universal Air 2019,” tukasnya.

Sementara ditempat terpisah, Anggota DPRD Garut Ir H Asep Achlan MM dari fraksi Demokrat, sangat mengapresiasi atas Program pelatihan penguatan AMPL yang dilaksanakan Distric Consultant Pamsimas Garut dan para Fasilitator Masyarakat, karena program pembangunan Pamsimas mulai dari Pamsimas I, II dan sekarang ke III, ini harus tetap terpelihara dan terarah pemanfaatannya serta pengelolaan kedepan oleh KPSPAMS.

“Saya apresiasi kinerja DC dan FM, mudah mudahan dari 130 orang kader AMPL masing masing desa bisa mengaplikasikan hasil pelatihan di masyarakat,” singkatnya. (NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY