Diduga, Dana Rutilahu di Desa Samudera Jaya Garut Disunat Pelaksana

0
176

HARIANGARUT-NEWS.COM – Program Rumah Tidak Layak Huni (rutilahu) di Desa Samudra Jaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut diduga bermasalah. Salah seorang perangkat desa setempat, Eman mengatakan, banyak isu yang berkembang terkait rutilahu yang bermasalah.

“Disinyalir bantuan dana rumah tidak layak huni dipangkas oleh pihak ketiga sebagai penyedia barang dan hanya diterima ke masayarakat hanya tingal beberapa persen saja” ujarnya kepada wartawan.

Dikatakan Eman, program Rutilahu yang diterima warga desanya yakni untuk 20 unit rumah. Berdasarkan keterangan para warga, pemotongan dana tersebut dilakukan oleh Pelaksana Kerja (PK) ke tiap penerima bantuan Rutilahu yang mendapat Rp 13 juta rupiah dari pemerintah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemdes dari DPMD Kabupaten Garut Asep Mulyana SIP M Si mengatakan, dugaan adanya pemotongan dana Rutilahu pihaknya tidak mengetahui dengan persis karena bukan ranah dinasnya.

“Informasi dugaan terjadinya penyimpangan saya tidak mengetahui persis karena itu ranah Tarkim. Padahal, secara sistem ini sudah bagus karena dana di terima oleh rekening si penerima. Namun saya menyayangkan masih saja ada oknum-oknum yang berani melakukan pemotongan itu,” pungkas Asep, Senin (29/30). (Bambang. F)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY