Dikawal Polisi Militer, Ratusan Warga Iringi Pemakaman Mantan Anggota DPRD Garut

0
1918

HARIANGARUT-NEWS.COM – Ribuan warga mengiring prosesi pemakaman mantan anggota DPRD Kabupaten Garut Periode 1987-1992, H Achlan Tjakradimangun ke komplek makam milik keluarga Achlan di Kampung Baru, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Minggu (07/10). Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di RS Centra Medika, Bogor, setelah dirawat selama tiga hari.

Handai taulan turut melepas kepergian politisi Garut dari Partai Golkar menghadap sang Khalik. Warga dari berbagai daerah berdatangan ingin menyaksikan serta mengantarkan jenazah Achlan ke peristirahatan terakhir. Mereka berbaris rapi di depan gerbang makam. Sekitar pukul 14.00 WIB, iring-iringan mobil pembawa jenazah dengan pengawalan Polisi Milter (PM) tiba di pemakaman. Sejumlah kerabat, tokoh masyarakat dan warga yang sudah menunggu di pemakaman berebut mengusung keranda almarhum.

Ir H Asep Achlan MM, anggota DPRD Kabupaten Garut dari Partai Demokrat yang juga putra pertama dan Kepala Desa Pakenjeng, Rina Achlan, yang juga putri ketiga Achlan Tjakradimangun tak mampu menyembunyikan kesedihannya. Rina sesekali mengusap matanya yang sembab dengan tisu.

Pengawalan oleh Polisi Militer mengiringi mobil jenazah dari RS Centra Medika, Cibinong, Kabupaten Bogor hingga ke tempat peristirahatan terakhir di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Minggu (07/10).

Putra kelima almarhum, Kristiana Achlan tampak memeluk kakaknya Rina agar kuat melepas Ayahanda. Rina makin tak kuasa membendung kesedihannya ketika jenazah sang ayah dimasukkan ke liang lahat. Pembacaan doa dipimpin Ustad Saep Supriatna, ratusan warga juga ikut mendoakan Achlan Tjakradimangun.

Di rumah pemakaman ukuran 5×5 meter persegi itulah jenazah politisi senior Garut itu dikebumikan berdampingan dengan makam almarhumah istrinya Hj Tuti Turjati dan ayahanda Hj Obar Sobari. Tak banyak bicara, semua anak almarhum mendengarkan pembacaan doa. Sesekali mereka memegang tanah serta bunga yang ada di atas makam Achlan Tjakradimangun.

“Dari pihak keluarga, kami mohon permintaan maaf jika pak Achlan memiliki kesalahan. Mohon dimaafkan,” singkat Asep Achlan yang saat ini mencalonkan Anggota DPR RI dari Partai Demokrat Dapil IX tersebut. Selesai pembacaan doa, penaburan bunga dilakukan pihak keluarga. Dimulai dari kesembilan putra-putrinya hingga cucu-cucu beliau bergantian menabur. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY