Wakepsek SMK Al-Musaddadiyah Garut : Pramuka, Simulasi Kegiatan Positif Memerangi Narkoba

0
368

HARIANGARUT-NEWS.COM – Dalam rangka penguatan nilai-nilai karakter nasionalisme dan spiritual, SMK Ciledug Al-Musaddadiyah merancang sebuah program edukasi tentang kepanduan (Pramuka) sebagai upaya proteksi dini terhadap ancaman degradasi moralitas anak bangsa yang kian hari semakin menunjukan sikap-sikap permisif melabrak norma-norma agama, etika, susila dan budaya.

“Miris memang tatkala tiap saat kita disuguhi dengan berita anak bangsa yang terjerat narkoba, terlibat pusara gengster bahkan terjerembab dalam kubangan limbah dosa asusila yang semarak hampir di seantero wilayah negeri ini.
Berpijak dari fakta dan fenomena tersebut, sebagai turunan program edukasi dari kurikulum pramuka kekinian yang cenderung lebih humanis dan adaptif, kegiatan Pramuka pada tahun ini lebih menitik beratkan kepada pola asuh peserta didik yang innovatif melalui beberapa simulasi kegiatan positif seperti mentoring, hearing, debating, hiking, cooking, writing dan lain-lain,” ujar Wakil Kepala Sekolah SMK Ciledug Al-Musaddadiyah, M Nasrullah Ramadhan.

Lanjut Nasrullah, hal ini dilakukan semata-mata demi menciptakan suasana dinamika kelompok yang kompetitif, nyaman, damai dan menyenangkan sejalan dengan visi pemerintah untuk mewujudkan lingkungan sekolah sebagai rumah kedua tanpa narkoba juga kekerasan, tukasnya.

“Alhamdulillah berkat kerjasama team work yang solid, pelaksanaan kegiatan kepanduan kali ini lebih semarak dan berkesan bagi semua pihak. Hal ini tercermin dari beberapa testimoni peserta perkemahan yang sangat antusias mengikuti setiap sesi materi yang dijadwalkan sesuai kurikulum pramuka yang sudah ditentukan oleh kementrian pendidikan,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, peserta perkemahan diwajibkan 30 menit menjelang waktu sholat harus sudah berada di mesjid terdekat untuk melaksanakan sholat berjamaah, ikhtiar penguatan (spiritual value) serta wajib mengikuti kegiatan wawasan kebangsaan bela negara dan usaha penumbuhan (karakter nasionalisme).

“Dengan harapan mereka akan tumbuh dan berkembang di atas nilai-nilai keberagamaan dan kepedulian terhadap bangsanya sendiri tanpa diracuni oleh virus-virus adiktif yang menggila seperti narkoba,” pungkas Wakil Kepala Sekolah yang juga tergabung dengan DPD Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha (PANNA), salah satu wadah Penggiat Anti Narkoba di Kabupaten Garut. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY