Rektor Universitas Garut, Lepas 96 Mahasiswa Fakultas Pertanian Laksanakan PKL

0
319

HARIANGARUT-NEWS.COM – Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr Ir H Abdusy Syakur Amin M Eng, melepas 96 mahasiswa Fakultas Pertanian untuk mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Acara pelepasan dilaksanakan bersamaan dengan upacara apel pagi bertempat di halaman kampus Universitas Garut Jalan Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler, Senin (31/07).

Dalam pelepasan tersebut, Rektor Uniga berpesan agar mahasiswa bisa menjaga nama baik almamater dan bisa memperluas wawasan dalam menumbuhkembangkan pengetahuan baik bagi pribadinya, maupun masyarakat luas secara profesional.

“Apapun yang kita lakukan yang pertama akan menerima dampak itu adalah lembaga atau institusi Uniga. Untuk itu saya mewanti-wanti agar seluruh peserta benar-benar bisa menjaga sikap dan kinerja yang baik, prilaku yang memberikan teladan di lingkungan tempat PKL, mudah-mudahan PKL ini menambah wawasan serta memberikan pengalaman berharga untuk bekal nanti saat terjun di lingkungan masyarakat atau dunia kerja yang sesungguhnya,” ungkapnya.

Sejalan dengan Rektor Uniga, Dekan Fakultas Pertanian Uniga Dr Ir H Tendy Kusmayadi MP mengungkapkan, mahasiswa perlu memiliki keterampilan melalui pengalaman kerja yang dapat diperoleh melalui PKL. Oleh karena itu Fakultas Pertanian Uniga mewajibkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah PKL sebagai perwujudan proses menghasilkan sumberdaya yang berkualitas.

“Selain itu, dengan PKL mahasiswa bisa meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan kalangan masyarakat dunia usaha, instansi serta memacu motivasi kewirausahaan mahasiswa,” tandas Tendy.

Sementara Ketua Pelaksana PKL yang sekaligus wakil dekan Fakultas Pertanian Ir Atak Tauhid MP menuturkankan, tujuan dari PKL ini diantaranya memperluas dan menambah wawasan, menumbuh kembangkan pengetahuan dan menetapkan keterampilan serta profesionalisme, sehingga terbentuk suatu pola pikir yang komprehensif demi menunjang kemampuan mahasiswa untuk bekal memasuki dunia kerja khususnya dibidang agroteknologi dan peternakan, ungkapnya.

“Selain itu PKL akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung menjalani pengalaman awal dan bersosialisasi dalam suasana lingkungan kerja yang sesungguhnya (nyata), baik perannya sebagai pekerja (employee) mampu sebagai manager dalam penyelenggaraan suatu bisnis perkebunan,” ujar Atak.

PKL juga, sambung Atak, merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi Strata 1 (S1) di Fakultas Pertanian Universitas Garut. Dengan itu juga, mahasiswa dapat membandingkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah dengan keadaan sebenarnya di lapangan dan mempelajari berbagai aspek budidaya yang ada ditempat pelaksanaan PKL tersebut, pungkasnya.

PKL sendiri akan dilaksanakan selama satu bulan yang tersebar di beberapa lokasi diantaranya Kabupaten Garut, Bandung, Tasikmalaya dan Bogor. Ke 96 mahasiswa peserta PKL berasal dari Program studi Agroteknologi 78 orang dan Peternakan 18 orang. (Igie/ADV)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY