HARIANGARUT-NEWS.COM- Perpustakaan selama ini identik dengan ruangan indoor yang terkesan formal dan kaku, dengan ruangan yang sangat sunyi. Namun, belakangan sudah banyak orang memodifikasi perpustakaan atau ruang baca menjadi lebih santai dan nyaman, biasanya disatukan dengan area nongkrong maupun tempat bermain. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, usai membuka acara Sosialisasi Pembudayaan Gemar Membaca di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip, Jalan RSU dr Slamet, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (23/07).

“Nah, di Garut nanti akan menemukan perpustakaan dengan konsep ruang terbuka. Setelah jembatan maktal selesai dibangun, kita akan bangun juga taman bacaan di ruang terbuka yang lokasinya disiapkan di lapang Paris depan gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut,” kata Helmi.

Dikatakan Wakil Bupati, perpustakaan merupakan refleksi peradaban suatu bangsa. Kalau peradaban suatu bangsa sudah maju, biasanya perpustakaan di negara tersebut juga maju. Namun sayang, sangat sedikit masyarakat yang memanfaatkan perpustakaan untuk memperkaya pengetahuannya. Maka dengan itu, Pemkab Garut berencana merancang konsep taman bacaan di ruang terbuka agar masyarakat kembali gemar membaca, cetusnya.

“Diatas lahan seluas 1 hektar yang ada didepan kantor arsip dan perpustakaan, nantinya akan ditata lebih menarik agar masyarakat Garut antusias dan gemar membaca. Perpustakaan diruang terbuka hijau nantinya bisa dijadikan sebagai medium interaksi warga. Namun saat ini masih dalam bentuk desain dan masih dalam bentuk pemetaan lapangan, insya Allah tahun depan sudah kita bangun,” ungkap Helmi Budiman.

Helmi menambahkan, Dinas terkait harus mampu memberikan layanan prima terhadap pembaca, menciptakan suasana perpustakaan yang kondusif, memberikan keteladanan, serta menjaga nama baik lembaga dan kedudukannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

“Meski tugasnya sangat berat, sebab dia harus dapat menjaring, mengakses, mengkaji, dan menemukan kembali informasi yang tidak mengenal ruang dan waktu, namun pelayanan kepada masyarakat harus tetap diutamakan,” pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY