Tersumbat Sampah, Camat Garut Kota dan BPBD Bersihkan Gorong-Gorong

0
249

HARIANGARUT-NEWS.COM – Curah hujan yang mengguyur kawasan Garut Kota pada Senin (25/06) malam menyebabkan sejumlah gorong-gorong di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut tersumbat.

Untuk mengantisipasi banjir akibat sumbatan tersebut, Camat Garut Kota, Drs Bambang Hafidz dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut membersihkan sampah.

Bambang Hafidz mengatakan, Tim BPBD dibantu warga melakukan pembersihkan sumbatan gorong-gorong yang ada di Kampung Cakrabuana Jalan Galunggung RT01/007 Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota. Akibatnya air meluap ke rumah warga yang berada di sekitar gorong-gorong.

“Gorong-gorong tersumbat karena dampak curah hujan tinggi pada malam tadi sehingga menyisakan pekerjaan rumah bagi tim BPBD. Tumpukan sampah berupa kayu, bambu dan lainnya menyumpat gorong-gorong sehingga menutup aliran air. Karena tertutup, air meluber ke rumah milik warga,” ungkap Camat Garut Kota.

Sementara salah seorang anggota BPBD Garut, Imat Macan mengatakan, agar tidak terjadi luberan susulan, atas laporan warga pihaknya langsung mengadakan penanganan darurat di lapangan. Lebih dari dua jam, imbuh Imat, pembersihan gorong-gorong belum tuntas karena medannya sulit dan tumpukan kayu dan sampah sudah padat.

“Gorong-gorong penuh sampah perlu dilakukan pembongkaran, rencananya besok kita lanjut. Kami menghimbau agar masyarakat mempunyai kesadaran yang tinggi dengan tidak membuang sampah di aliran gorong-gorong serta peduli terhadap lingkungan,” pungkas Imat. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY