Plt Sekda Garut, dengan Gebyar Ramadhan Baznas Telah Membangkitkan Kepercayaan

0
172

HARIANGARUT-NEWS.COM – Momentum bulan suci Ramadan 1439 H/2018 M dimanfaatkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut untuk mengoptimalkan dan menyukseskan visi daerah berkaitan dengan nuansa religius. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu Gebyar Ramadhan 1439 H yang digelar di halaman kantor Baznas Kabupaten Garut, Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota, Jumat (08/06).

“Kegiatan yang dilaksanakan yaitu, santunan mustahik kepada 1.728 penerima manfaat TKK dan TKS SKPD dan Kemenag Garut, 10 kursi roda disabilitas, dan 150 penerima manfaat pengungsi banjir bandang. Disamping menyerahkan santunan, dalam kegiatan Safari Ramadhan ini juga dilaksanakan Launching Web Site Baznas, laporan hasil audit AR Utomo Jakarta di Baznas Kab Garut pada tanggal 2-3 April 2018 lalu, serta Penandatangan MoU tentang Program Garut Makmur dengan Dinas Koperasi dan UMKM Garut,” ungkap Ketua Baznas Garut, Rd H Aas Kosasih S Ag M Si, Jumat (08/06).

Dengan Tema “Kebangkitan Zakat Menuju Masyarakat Kabupaten Garut yang Bermartabat, Nyaman dan Sejahtera”, Aas mengatakan bahwa membayar zakat itu bukan sodaqoh, tetapi membayar zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim. Dalam kegiatan tersebut, Baznas mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang telah membayar zakat profesi selama bulan Januari hingga Mei 2018.

Adapun, lanjut Aas, yang menerima penghargaan diantaranya yakni, Dinas Kesehatan telah menyetorkan zakat infak paling tinggi yakni Rp283 juta, disusul Dinas Kemenag Rp250 juta, Sekretariat Daerah Rp66 juta, Dinas Peternakan dan Perikanan Rp64 juta, Dinas Pertanian Rp45 juta, Dinas PUPR Rp44 juta, Dinas Pendidikan Rp44 juta, Inspektorat, Rp30 juta dan Dishub Rp29 juta, tukasnya.

Sementara, Plt Sekda Garut, Drs H Uu Saepudin ST M Si mengaku terkejut dengan adanya laporan dari Baznas Garut bahwa ada empat Dinas yang belum pernah menyetorkan zakat profesi. Uu mengatakan, pihaknya akan terus melakukan himbuan kepada SKPD yang belum membayarkan kepada Baznas.

“Kami akan melakukan himbauan kepada setiap SKPD, dan akan terus lakukan sampai mereka sadar. Saya minta kepada SKPD untuk membayar zakat tepat waktu, jangan ditunda-tunda. Saya berharap Baznas rutin menginformasikan tiap bulannya mana SKPD yang aktif dan tidak bayar zakat, jadi tolong lah bayar zakat. Kalau sudah setor zakat kan bisa disalurkan lagi untuk membayar TKK dan TKS seperti pada kegiatan ini. Selain itu juga, dengan acara Gebyar Ramadhan ini, Baznas telah membangkitkan kepercayaan dengan memperbaiki program penyaluran,” pungkas Uu. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY