Jelang Lebaran, Polres Garut dan Dinas Perhubungan Lakukan Ramcek Kendaraan

0
222

HARIANGARUT-NEWS.COM – Antisipasi Libur Lebaran, Polres Garut bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Garut menggelar sidak operasi ramcek kelaikan kendaraan dan surat-suratnya di terminal Guntur, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jumat (01/06).

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna SIK melalui Kasat Lantas AKP Rd Erik Bangun Prakasa SH SIK didampingi jajaran mengatakan, rangkaian pengecekan armada bis dan surat-surat, kondisi pengemudi beserta kernet bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang hendak melangsungkan libur panjang Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Kompak, Polres Garus bersama Dinas Perhubungan gelar ramcek kendaraan antisipasi libur panjang lebaran 1439 H di terminal Guntur, Jumat (01/06).

“Apakah kondisi armada bis layak dan pengecekan surat-surat sudah lengkap, itu tujuan sidak kita hari ini. Karena sebentar lagi akan memasuki musim mudik. Pengencekan ini dalam rangka antisipasi secara dini agar tidak terjadi kecelakaan,” kata Kasat Lantas Polres Garut, Jumat (01/06).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Drs H Suherman SH M Si mengatakan, hasil ramcek dari 54 kendaraan, 1 bis yang telah dipersiksa dinyatakan tidak layak jalan. Selain ramcek pihaknya juga memeriksa kelengkapan surat-surat seperti KIR dan SIM pengemudi semua masih berlaku.

Hasil Ramcek, satu kendaraan dinyatakan tidak laik jalan.

“Pemeriksaan ramcek AKAP/AKDP di terminal Guntur, menjelang Mudik dan Balik Lebaran 2018, dari 54 kendaraan yang diperiksa ada satu tidak diperkenankan beroprasi. Karena kedapatan pelanggaran baik dariĀ  administari maupun dari teknik kelayakan kendaraan,” ujar Kadis Perhubungan Kabupaten Garut.

Suherman memprediksi puncakĀ  kedatangan arus mudik di terminal Guntur ini akan terjadi pada H-2. Pihaknya bersinergi dengan Polres Garut telah mendirikan puluhan Posko untuk mengantisipasi puncak mudik Lebaran serta bertugas untuk pengamanan Lebaran. Tentu hal itu untuk mengurai titik-titik rawan kemacetan di Kabupaten Garut pada Lebaran nanti, pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY