Wartawan, Profesi Yang Paling Oke

0
198

Oleh : Bambang Feri

HARIANGARUT-NEWS.COM – Kalau ada yang bertanya, “Sekarang ini profesi apa sih yang paling oke?” Setuju nggak kalau jawabannya ‘wartawan’. Kok wartawan? Coba aja anda cermati, semenjak Indonesia terpuruk oleh multi krisis, dunia pers justru semakin marak. Aneka media cetak seperti majalah, surat kabar dan tabloid bermunculan dimana-mana. Dari yang mengupas masalah politik, ekonomi, hiburan sampai ‘klenik’. Hal ini tak terlepas dari kemudahan mendapatkan SIUPP (Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers) seiring pascareformasi. Tentu saja fenomena ini membuka peluang dan kesempatan yang lebar bagi para wartawan untuk bekerja di media yang diminati.

Bagi kalangan yang nggak paham atau kurang familiar dengan dunia jurnalistik, banyak yang menganggap bahwa profesi wartawan adalah profesi yang tidak menguntungkan, tidak bermasa depan dan sangat urakan. Selama ini masyarakat awam hanya tahu sosok wartawan sebatas penulis berita dan sumber gosip. Padahal sosok wartawan itu sendiri hanya bisa diselami lewat pergaulan dengan para wartawan itu sendiri. Makanya banyak mitos yang mengungkapkan tentang profesi wartawan.

Bagi pemula, menjadi wartawan merupakan pekerjaan yang sulit, selain kegiatan yang dilakukan menuntut kecepatan dan ketepatan, menjadi seorang jurnalis juga harus mampu memberikan informasi akurat saat menjelang deadline. Dengan dipersenjatai kamera, rekaman, dan bolpain, seorang jurnalis harus mencari tahu lebih dalam tentang inpormasi untuk berita yang lebih layak di komsumsi publik. Tak lepas dari profesi yang disandangnya, wartawan bisa menjadi apa saja, namun jurnalis sejati selalu taat terhadap kode etik kejurnalisan.

Banyaknya mitos tentang profesi wartawan menunjukkan bahwa wartawan adalah profesi yang unik. Dan justru karena keunikannya tersebut, profesi wartawan belakangan ini makin diminati oleh kalangan muda yang dinamis dan kritis. Agaknya anda yang menaruh minat besar dan kualified di bidang jurnalistik, tidaklah sulit untuk mengembangkan karir di dunia kewartawanan. Toh maraknya dunia pers dewasa ini membuka peluang kompetisi yang luas dan sehat bagi anda yang serius di dunia ini. Apalagi belakangan ini media elektronik dan media online terus bertambah. Dan anda yang menganggap bahwa profesi wartawan nggak bisa diandalkan buat masa depan agaknya harus mulai meralat anggapan tersebut.

**Penulis adalah Pimpinan Perusahaan Harian Garut News

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY