Dikawal Paspampres, Istri Presiden RI Ke-4 Buka Bersama dengan Warga Wanaraja Garut

3
1571

HARIANGARUT-NEWS.COM – Dra Hj Shinta Nuriyah Wahid M Hum, istri mendiang Presiden RI ke 4 KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur), walau duduk di kursi roda tetap semangat melaksanakan agenda tahunan setiap bulan Ramadan yaitu Sahur Keliling 2018 selama satu bulan penuh. Pada kesempatan ini, dengan tema “Dengan Berpuasa Kita Kembangkan Kearifan, Kejujuran, dan Kebenaran dalam Kehidupan Berbangsa”, Shinta mengunjungi Madrasah Diniyah As-Salam Al-Barokah Kampung Bebedahan, Desa Wanamekar, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Sabtu (19/05).

Program Sahur Keliling yang telah berlangsung rutin setiap tahun selama 19 tahun ini dimaksudkan untuk menyapa masyarakat sekaligus mendorong rasa cinta Tanah Air dalam semangat kerukunan dan persatuan dalam bingkai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 45. Program Sahur Keliling ini juga sebagai satu bentuk dari Shinta untuk merawat keberagaman selama 19 tahun tanpa henti ke berbagai pelosok Tanah Air. Kegiatan tersebut mendapat pengawalan ketat dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

Dandim 0611 Garut, Kapolsek Wanaraja dan Camat Wanaraja turut menyambut kedatangan istri mantan Presiden RI Ke-4, Sabtu (19/05).

“Kita hanya bersilaturahmi menyapa mereka dengan baik, menanyakan bagaimana puasanya, dan apa yang menjadi kesulitan dalam kehidupannya. Selain itu kehadiran saya kesini untuk merajut ikatan tali persaudaraan diantara anak bangsa, dan itu tidak boleh mengendor. Ingatlah, waktu itu seperti lari, berlombalah dalam kebajikan. Sejak Gusdur ada, saya sudah membuat acara sahur bersama dengan kaum duafa, tukang becak, atau keluarga tidak mampu. Saya sering bersahur di kolong jembatan bersama tukang kuli bangunan. Disana kita banyak mendapatkan masukan, bagaimana kehidupan mereka, bagaimana mereka berjuang untuk mencari sesuap nasi,” ujar Shinta Nuriyah saat memberikan tausiyah kepada warga Wanamekar, Kecamatan Wanaraja.

Sementara Romo Abi dari Pastor Keuskupan Bandung yang selalu setia mendampingi Shinta Nuriyah dalam Sahur Keliling menyampaikan, tujuan kunjungan tersebut adalah untuk memperkuat tali persaudaraan dan kebersamaan antar umat manusia melalui kerjasama antar umat beragama dalam membangun solidaritas kemanusiaan, merawat nilai-nilai pluralisme dan hidup berdemokrasi.

“Selama ini Ibu memang terus berjuang meneruskan cita-cita Bapak (Gus Dur) agar tercipta perdamaian dan toleransi di negara ini. Perjuangan Ibu bukannya tanpa tantangan. Kerap beliau menerima perlawanan oleh kelompok intoleran. Namun semangat Ibu tak goyah. Walaupun fisiknya lemah, mental Ibu sekuat baja,” terang Romo Abi.

Merajut nasionalisme, Shinta Nuriyah Wahid bertausiyah di hadapan warga Desa Wanamekar Kecamatan Wanaraja.

Ketika disinggung saat Istri presiden ke-4 RI ini masuk daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time. Romo menuturkan, keluarga tidak terlalu terpengaruh atas puja puji orang terhadapnya. Dinobatkan sebagai 100 orang paling berpengaruh didunia oleh majalah TIME tidak akan mengubah sikap Ibu yang sederhana dan apa adanya, katanya. Beliau, imbuh Ira, tetap akan menjadi pribadi yang rendah hati, tetap akan rajin berpuasa tiap hari seperti yang telah dijalaninya selama bertahun-tahun dan dzikir panjang berjam-jam sepanjang malam, pungkasnya.

Hadir dalam acara Sahur dan Buka Bersama tersebut, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Aziz S Sos, Kapolres Garut yang diwakili Kapolsek Wanaraja, Kompol Tommy Widodo Arif SH, Camat Wanaraja Ganda Permana M Si, Danramil Wanaraja Lettu Arm Heryanto, Ketua MUI Wanaraja, Pengurus NU Wanaraja, Perwakilan Lintas Agama Kabupaten Garut, Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat Se-Kecamatan Wanaraja. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

3 KOMENTAR

  1. When you elect to freеlance, you will alѕo be acсountable for
    your own schedule. As a substitute of being sure to
    the 9-to-5 work day of most law places oof work, both your day bʏ day schedule and your calendar as
    a complete can bе largely aѕ much ass you. Whetһer its good to take time without work,
    or wheether you ԝant to tackle a heavier workload, freelancing wilpl meet your needs.

LEAVE A REPLY