LLI Kabupaten Garut Gelar Hari Lanjut Usia Nasional Ke-13

0
254

HARIANGARUT-NEWS.COM – Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Drs H Uu Saepudin MT M Si, menghadiri Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kabupaten Garut Ke-13 di gedung Pendopo Kabupaten Garut, Selasa (08/05).

Uu Saepudin dalam kesempatan tersebut mengatakan, sangat mengapresiasi Hari Lanjut Usia yang senantiasa diperingati setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Garut. Hal ini dilakukan dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan sumber daya manusia lanjut usia yang ada di Kabupaten Garut.

Pengurus LLI Kabupaten dan Kecamatan hadiri Halun Nasional Ke-13 di gedung Pendopo Kabupaten Garut, Selasa (08/05).

“Namun demikian, upaya memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan lansia tersebut bukanlah tanggung jawab Pemerintah Daerah semata, melainkan juga tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut Plt Sekretaris Daerah mengatakan peran serta keluarga, masyarakat, dan lembaga lainnya sangat diperlukan dalam upaya pemberdayaan para lanjut usia, sehingga mereka tidak selalu bergantung pada orang lain. Dengan adanya peran serta komponen masyarakat lainnya tersebut, para lanjut usia diharapkan dapat semakin mandiri.

“Serta tetap mampu untuk ikut serta dalam mengisi program-program pembangunan di Kabupaten Garut. Dengan adanya peringatan Hari Lanjut Usia ini diharapkan dapat semakin menyadarkan semua pihak akan keberadaan para lanjut usia,” ujarnya.

Oleh karena itu, imbuh Uu, dengan semakin meningkat kesadaran tersebut, diharapkan dapat tercipta adanya keterpaduan antara pemerintah daerah dan masyarakat guna menyusun langkah-langkah terbaik dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan lansia. Tidak lupa, Sekda meminta kepada semua pihak turut berkontribusi dalam upaya pemeliharaan kesehatan.

“Saya meminta semua pihak termasuk penyelenggara layanan kesehatan pemerintah dan swasta, kalangan dunia usaha, organisasi kemasyarakatan dan organisasi profesi serta seluruh elemen masyarakat pada umumnya, agar turut berkontribusi dalam upaya-upaya pemeliharaan kesehatan dan kualitas hidup lansia, sebagaimana tema peringatan hari lansia tahun ini, yakni
Tua Tak Jadi Halangan, Berdaya dan Tetap Berguna Bagi Nusa dan Bangsa,” bebernya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua LLI Kabupaten Garut, Drs H Yaya S Permana M Si, sekaligus dihadiri oleh perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  dan para camat di lingkungan Pemda Kabupaten Garut, Forkopim Kecamatan Garut Kota, pengurus LLI Kecamatan dan tamu undangan lainnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY