Meme “Kamu Orang Garut?”, Ketua KPUD Sudah “Culangung”

0
609

Oleh : Tata E Ansorie, S.Kom

HARIANGARUT-NEWS.COM – Saya pun ikut latah ingin mengomentari iklan layanan milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut ini, yang telah mendapat kritikan publik. Kalimat “Kamu orang Garut ?” Merupakan kalimat langsung pertanyaan yang diikuti kalimat mengingatkan “Jangan Lupa Nyoblos”.

Kata “Kamu”, sedikit kurang elok dipergunakan. Boleh dibilang “culangung” (Melunjak), menyampaikan ke masyarakat yang beragam usia dan status sosial dengan kata “Kamu”.
Sapaan itu seolah-olah Ketua KPU paling atas, atau mungkin maksudnya gaya gaul padahal pemilih mayoritas dewasa.

Meme Ketua KPUD Kabupaten Garut yang menjadi perbincangan publik.

Kemudian kalimat langsung pertanyaan “Kamu Orang Garut ? Jangan Lupa Nyoblos”, merupakan pemikiran yang sempit, karena pemilih ditentukan oleh domisili bukan asal-muasal. Pose foto Ketua KPU ini sama sekali tak menggambarkan ajakan atau mengingatkan, tetapi lebih kepada ingin nampang bahwa dirinya Ketua KPU. Tak ubahnya foto tersebut seperti kandidat peserta Pilkada.

KPU merupakan lembaga penyelenggara Pilkada yang komisionernya terdiri dari 5 orang, seyogyanya kelima komisionerlah yang tampil berpose dan tentunya dengan gaya pesan ajakan. Jika pun tidak komisioner, dapat menggunakan model atau kalangan profesi.

Sepertinya Tim Kreatif KPU Garut tidak matang dalam menampilkan iklan layanan publik itu, atau memang sengaja Ketua KPU harus ditampilkan untuk menghilangkan image bahwa kondisi KPU Garut pernah bermasalah.

*Penulis adalah Pemerhati Politik Garut, Mantan Ketua Forum PPK Kabupaten Garut.

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY