Tokoh Masyarakat di Garut Sesalkan Tindakan Kades Simpan Anggaran Desa di Rekening Pribadi

0
881

HARIANGARUT-NEWS.COM – Tokoh masyarakat Desa Girimukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah di SDN Girimukti 3, Adis S Pd, sangat menyayangkan sikap Kepala Desa Girimukti, Sumarna Wiryadi, yang telah memberhentikan Kepala Dusunnya dengan cara tidak hormat. Adis menyampaikan, sebagai mantan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Desa Girimukti, dirinya berharap agar semua aparatur desa senantiasa menjaga sikap dan prilaku juga aturan yang berlaku di dalam pemerintahan desa.

“Selaku warga masyarakat Girimukti, saya berharap agar Kepala Desa menjalankan proses tahapan musyawarah bila ada persoalan-persoalan yang memang sifatnya internal. Hal itu untuk memastikan azas transparansi dan pertanggungjawaban publik bisa terlaksana secara baik, demi desa dan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan amanat kepada Kepala Desa,” terang Adis, Minggu (15/04).

Adis melanjutkan, Kepala Desa tidak boleh membuat kebijakan yang berseberangan atau menyalahi aturan. Karena jika dipaksakan bakal sangat riskan menimbulkan gejolak di tengah masyarakat. Meski diperbolehkan melakukan diskresi, tetapi setiap kebijakan yang dikeluarkan Kepala Desa tetap tidak boleh sembarangan atau sekehendak pribadi saja. Kebijakan yang dikeluarkan Kepala Desa, kata dia, harus tetap mengacu pada peraturan yang berlaku.

Kemudian dikatakannya pula, selama ini Adis hanya bisa mengelus dada mendengar kabar bahwa desa yang dibesarkannya menuai banyak masalah. Mulai dari pemberhentian Perangkat Desa secara sepihak, BUMDes yang tidak berjalan, pengalihan uang Desa ke rekening pribadi Kades, dan lain-lainnya. Adis berharap, penyelenggaraan roda pemerintahan Desa Girimukti bisa kembali normal seperti saat dia menjadi motor penggerak di salah satu desa yang berada di kaki gunung Bunga Rungkup tersebut.

“Dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang, Kepala Desa dan jajarannya harus memperhatikan aspek perencanaan yang matang, pelaksanaan dan evaluasi sekaligus pelaporan sesuai dengan Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 mengenai Laporan Kepala Desa,” pungkas Adis.

Sebelumnya, dengan didampingi Ketua BPD, Dede Sopian dan Ketua LPM Desa Girimukti, Nanang Kosim, Kepala Desa Girimukti, Sumarna Wiryadi kepada sejumlah awak media mengakui adanya pengalihan keuangan negara dari rekening Desa ke rekening pribadi dengan alasan untuk menjaga keamanan. Dan pernyataan Sumarna tersebut dihamini oleh ketua kedua lembaga desa tersebut. (Igie/Asep W)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY