Baznas Garut Berikan Bantuan Rumah, Fadil Tak Perlu Jualan Kerupuk Lagi

0
211

HARIANGARUT-NEWS.COM – Masih ingat dengan Fadil, seorang bocah SD asal Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, yang terpaksa harus berjualan kerupuk keliling Kampung demi menghidupi keluarganya. Lama terdengar, nasibnya kini jauh lebih membaik.

Kisah hidupnya yang pilu membuat banyak pihak membantunya. Bahkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut menghadiahi Fadil dan keluarga berupa tanah dan rumah untuk tempat tinggal

Fadil Sutrisno, bocah berusia dua belas tahun yang masih duduk dibangku kelas enam Sekolah Dasar, bertahun-tahun terpaksa harus menjadi tulang punggung keluarganya. Hidup dibawah garis kemiskinan membuat ia harus rela menjadi seorang penjual kerupuk keliling kampung.

Warga Kampung Sinyar Desa Hegarsari, Kecamatan Kadungora itu bahkan harus tinggal di gubug reyot bersama ibu dan adiknya. Kisahnya yang pilu membuat Fadil dibanjiri simpati dari berbagai kalangan, bantuanpun mengalir. Salah satunya dari Baznas Kabupaten Garut.

Baznas Kabupaten Garut didampingi Asda 1 dan Forkopim Kecamatan Kadungora, serahkan bantuan rumah dan modal usaha kepada keluarga Fadil, Rabu (04/04).

Prihatin dengan keadaan Fadil dan keluarganya, Baznas kemudian memberikan bantuan berupa tanah dan pembangunan rumah untuk tempat tinggal. Lokasinya berada di Desa Hegarsari, Kecamatan Kadungora, Rabu (04/04).

Bantuan ini berkat sumbangan dari para Muzaki dan donatur yang dikumpulkan Baznas Kabupaten Garut, nilai bantuan sendiri lebih dari Rp 30 juta. Pembangunan rumah Fadil kini sudah berjalan dan ditargetkan akan selesai pada akhir bulan ini. Untuk sementara Fadil dan keluarganya tinggal di rumah tetangganya.

“Selain bantuan tanah dan rumah, kamipun memberikan bantuan modal usaha bagi keluarga Fadil, sehingga Fadil tidak harus berjualan kerupuk lagi. Setelah ini kami dan Updis akan berikan modal bentuk uang untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha orang tua Fadil. Pembangunan rumah ini murni Program Baznas, kami sponsor utamanya,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd Aas Kosasih S Ag didampingi Asissten Daerah 1, Asep Faruk, beserta unsur Forkopim Kecamatan Kadungora.

Keluarga Fadil selaku penerima manfaat dari program Baznas itu mengaku sangat bangga dan berterima kasih kepada Baznas dan Pemerintahan setempat. Orangtua Fadil mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah peduli terhadap kepentingan masyarakat kecil. Rumah yang ditempati bertahun-tahun imendapat bantuan perbaikan sehingga menjadi rumah layak huni.

“Saya merasa terharu, terimakasih sekali kepada baznas, kepada Bupati Garut, bapak Camat, bapak Polisi, Koramil, saya senang sekali, saya ikut bantu juga, Fadil sekarang sekolah saja,” ujar ayah Fadil.

Dengan adanya bantuan rumah ini, diharapkan Fadil dan keluarganya tidak lagi harus tinggal di gubug reyot yang sangat tidak layak. Fadilpun diminta tetap fokus untuk belajar setelah sebelumnya sempat putus sekolah karena harus berjualan. Ayah Fadil yang baru saja pulang dari perantauannya diharapkan mampu membangun usaha yang lebih baik sehingga Fadil tidak harus berjualan kerupuk lagi. (Igie)**

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY