Wakili Garut, “Abah” Janur Terpilih Menjadi Pengurus Forum KIM Provinsi Jawa Barat

0
289

HARIANGARUT-NEWS.COM РIstilah kelompok diskusi terarah atau dikenal sebagai Focus Group Discussion (FGD) saat ini sangat populer dan banyak digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian sosial. Pengambilan data kualitatif melalui FGD dikenal luas karena kelebihannya dalam memberikan kemudahan dan peluang bagi peneliti untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan, dan memahami persepsi, sikap, serta pengalaman yang dimiliki oleh responden.

Bertema “Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Jawa Barat”, Selasa (03/04) bertempat di Aula Ir. Arifin Yoesoef, Jalan Tamansari Kota Bandung, Focus Group Discussion (FGD) menggelar acara pembentukan pengurus Forum Komunitas Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) tingkat Provinsi Jawa Barat yang dihadiri seluruh pengurus FK-KIM Se-Jawa Barat.

Rangkaian kegiatan menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satu diantaranya adalah agar struktur kelembagaan KIM segera terbentuk dan bisa disahkan sehingga bisa bekerja secepatnya. FGD ini digagas penuh Dinas Kominfo Jawa Barat, diikuti oleh 27 perwakilan dari Dinas Kominfo dan KIM kabupaten dan kota di Jabar

Sekretaris Dinas Kominfo Jawa Barat, Asep Sukmana, dalam sambutan pembukaanya mengatakan perlunya keberimbangan peran antara Komunikasi Informasi Publik (KIP) dan E-government (E-Gov). Ia juga berharap keberhasilan KIM Kabupaten/Kota bisa direplikasi agar tumbuh kembang KIM ke depan merata di seluruh Jawa Barat.

“Pihak Kominfo Jabar akan terus berusaha memperbaiki kelembagaan termasuk dalam kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM. Keberadaan KIM sangat strategis untuk menginformasikan program pemerintah kepada masyarakat,” ujar Asep.

Sejumlah pembicara hadir dalam FGD tersebut, diantaranya Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kota Bandung Muhammad Nur Fajar Muharam, Ketua Forum KIM Kota Bandung Ir. Yus hartiman, dan Ketua Forum Komunikasi KIM Kabupaten Garut Janur M. Bagus.

“FGD jadi sangat menarik ketika masing-masing perwakilan Kabupaten/Kota mengemukakan permasalahan legitimasi dan penganggaran. Forum sepakat agar pihak Diskominfo Jabar mendorong kedua hal mengemuka itu menjadi catatan penting yang harus segera ditindaklanjuti,” ujar Ketua FK KIM Kabupaten Garut, Janur M Bagus.

Dalam sesi terakhir, secara aklamasi Ir. Yus Hartiman ditunjuk sebagai Ketua Forum Komunikasi Kelompok Informasi (FK-KIM) Jawa Barat, dengan susunan sementara kepengurusan dibantu oleh Wakil Ketua Janur M. Bagus dari Kabupaten Garut, dibantu sekretaris dan bendahara, dilengkapi 7 (tujuh) bidang. Kepengurusan ini dilengkapi juga dengan koordinator wilayah (Korwil), yaitu Wilayah Bandung Raya, Bogor Raya, Purwasika, Cirebon, dan Wilayah Priangan.

Sementara itu Wakil Ketua terpilih, Janur menegaskan pentingnya konsolidasi KIM di tingkat pusat dan wilayah, sebagai modal kemajuan dan perkembangan FK-KIM mendatang. Kedepannya, imbuh Janur, KIM mampu mendapatkan informasi tentang isu-isu penting seputar arah kegiatan masyarakat dan pemerintahan, maupun sebaliknya. Ia berharap kepengurusan baru mendapat informasi dan masukan faktual dari anggotanya.

“Dengan cerdas dan mandiri, kita akan memberikan peranan dalam distribusi informasi yang cepat dan akurat, khususnya bagi kepentingan masyarakat sebagaimana tertuang dalam tupoksi FK KIM. Sehingga kita dapat berperan dan mensukseskan program Pemerintah Daerah Kabupatan Garut khususnya, dan Jawa Barat umumnya,” pungkas Janur M Bagus, yang juga seorang wartawan kontibutor Garut dari salah satu TV Nasional. (Igie/Yans)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY