Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Tumbangkan Pohon di Garut Kota

0
945

HARIANGARUT-NEWS.COM – Pada musim hujan saat ini, warga mengkhawatirkan banyaknya pohon tumbang, sehingga mereka meminta agar pemerintah melakukan pencegahan. Misalnya menebang pohon yang sudah tua atau pohon yang rawan tumabng. Karena, setiap musim hujan bahan banyak pohon yang tumbang di wilayah Kecamatan Garut Kota, tepatnya yang berada di pinggir jalan raya.

Menurut H Usman, salah seorang pengusaha jaket kulit di Jalan Sukaregang Kelurahan Kota Wetan, yang lokasi tempat tinggalnya berada di pinggir jalan mengatakan, pemerintah harus melakukan pencegahan sedini mungkin, supaya tidak banyak pohon tumbang dan menimbulkan kerugian besar bagi warga. Ditegaskannya, setiap tahun pada musim hujan dan angin kencang, di wilayah Garut Kota pasti ada pohon yang tumbang.

“Pada umumnya yang menjadi korban adalah pengguna jalan. Karena banyak sekali pohon yang rindang yang berumur tua tumbuh dipinggir jalan. Dan pohon-pohon ini siap mengancam pengguna jalan. Sebaiknya pemerintah melakukan tindakan antisipasi secepatnya,” kata H Usman.

Sementara menurut Maman Tugiyono, warga Garut Kota yang bekerja sebagai petugas Satpam di Kantor Bakorwil Wilayah IV Provinsi Jawa Barat menuturkan, pohon-pohon yang berada di disepanjang jalan Ahmad Yani sudah saatnya di remajakan, dan mengganti jenis pohon yang di tanam. Sampai saat ini kata Maman, sebagian besar pohon yang tumbuh di pinggir jalan adalah pohon ketika hujan dan anginnya kencang mudah tumbang.

“Kalau tidak tumbang, paling tidak ranting-rantingnya yang patah, karena jenis pohon-pohon tersebut memang jenis yang mudah lapuk dan rawan patah. Tapi banyak juga pohon beringin yang usianya sudah ratusan tahun namun tetap berdiri kokoh. Kalaupun peremajaan pohon dilakukan harus merata,” ujarnya.

Maman menambahkan, seperti halnya yang terjadi pada Senin (02/04) sore, tampak ada pohon tumbang akibat diterpa angin kencang di depan kantor Perbendaharaan Negara persis di depan Bank Cimb Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, paparnya.

“Pemkab Garut seharusnya secara intensif memantau pohon yang rawan tumbang. Termasuk mendata pohon-pohon tua atau memantau pohon yang sudah lebat daunnya, selanjutnya melakukan penopingan,” pungkas Maman. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY