Lewat Masterplan, Pemkab Garut Merancang Smart Goverment

0
174

HARIANGARUT-NEWS.COM – Smartcity merupakan konsep pemanfaatan teknologi guna membantu kota/daerah agar lebih siap dalam menghadapi permasalahan-permasalahan untuk menjaga sustainabilitas pertumbuhannya. Setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan menuju ke arah sana, yakni elemen dan dimensi smartcity. Elemen Smartcity, misalnya, ia mesti ditunjang dengan infastruktur dan sufrastruktur. Di infrastruktur perlu disiapkannya fisik, digital dan sosial, sedangkan di sufrastruktur ditunjang dengan legitismasi (Perda), kelembagaan dan tata laksana.

Demikian hasil FGD yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut di Kantor Diskominfo, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Kamis (22/03). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo beserta staff, Badan Kepegawaian, Bappeda Kabupaten Garut, serta Konsultan Teknologi Informasi dan Komunikasi. E-Government sendiri akan berhasil bila didukung empat komponen, yakni infrastruktur, sumber daya dan regulasi, serta aplikasi dan dukungan finasial.

“Dimensi smartcity perlu ditunjang enam komponen, yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment. Semua itu setidaknya akan mendukung tercapainya E-Government sendiri yang tiada lain sebuah bentuk pelayanan pemerintah yang dibalut dengan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” ujar Trias.

Sementara menurut Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Drs H Nurdin Yana MH, yang didampingi Kepala Bidang Kepemerintahan Elektronik, Asep Nugraha, mengatakan, FGD ini merupakan bentuk persiapan awal penyusunan masterplan e-government di lingkup Pemkab Garut mulai dari sisi kebijakan, regulasi, kelembagaan dan tata kelola penyiapan infrastruktur jaringan, aplikasi, dan data e-government.

“Selain itu juga sebagai panduan bagi Pemkab Garut sesuai dengan arahan kebijakan renstra yang ada. Persiapan penyusun masterplan ini sebagai tindaklanjut dari rencana aksi pemberantasan korupsi yang digagas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” pungkas Nurdin. (Igie/MC)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY