Diskominfo Garut dan Fikom Uniga Ajak Semua Pihak Dukung Internet Sehat

0
156

HARIANGARUT-NEWS.COM – Era informasi yang kian gencar saat ini mesti disikapi secara arif, agar kasus-kasus yang kerap terjadi tidak berdampak terhadap kejiwaan anak. Keluarga merupakan lembaga utama dalam mengawasi perlakuan terhadap teknologi informasi dan komunikasi.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik dari Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Yan Agus Supianto, didampingi Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Garut (Uniga), Achmad Wildan S Sos MM, dalam acara bertajuk Seminar Internet Sehat, yang digagas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Uniga, di SMPN 3 Bayongbong, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut.

Dosen Fikom Uniga menyampaikan, pihak keluarga diharapkan dapat memberikan pengawasan intensif kepada anak-anaknya, menyusul kian merebak kasus kekerasan di lingkungan masyarakat, baik di lingkungan pendidikan maupun umum.

“Kami menyarankan agar orang tua mendampingi anak-anaknya ketika memegang gadget, hal itu guna menghindari penyalahgunaan alat komunikasi tersebut. Patut dicurigai, bila anak berlama-lama memang gadget sendirian. Kami mengajak semua pihak, terutama para orangtua untuk membantu generasi muda dengan berupaya menanamkan pemahaman tentang internet sehat dan internet bijak demi terwujudnya generasi muda,” tandas Wildan.

Sementara Kasi Kemitraan Komunikasi Publik menyarankan, agar keluarga menyatukan komitmen bersama dilingkungannya untuk membangun komunikasi dengan anak-anak, termasuk memberi ruang waktu bagi anak-anak untuk berkomunikasi.

“Pemkab Garut memiliki program Magrib Mengaji, maka waktu inilah yang tepat untuk berkumpul, dengan tidak menyalakan televisi atau handphone sama sekali. Selama ini Diskominfo sendiri secara intens senantiasa melakukan diseminasi informasi tentang internet sehat melalui sekolah-sekolah dan kecamatan,” pungkas Yan Agus Supianto, Kamis (15/03). (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY