Aksi Solidaritas Tragedi Kemanusiaan, AMPK Garut Tinju Dunia

0
356

HARIANGARUT-NEWS.COM -Pembantaian umat Islam oleh rezim Suriah pimpinan Bashar Al-Assad dan sekutunya di Ghoutah Timur dan Aleppo, Suriah kian mendapat kecaman dari umat Islam.

Ribuan umat Islam dari berbagai elemen yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Kemanusiaan (AMPK) kabupaten Garut, menggelar aksi solidaritas untuk Ghouta dan Allepo di Alun-Alun Otista depan Masjid Agung Garut Jumat (09/03).

Koordinator Aksi dari Aliansi Masyarakat Peduli Kemanusiaan (AMPK) kabupaten Garut, Suhana, mengutuk keras tragedi kemanusiaan yang terjadi di Ghouta dan Aleppo, Suriah.

Koordinator Aksi Solidaritas untuk Suriah, Suhana menegaskan, hari ini pihaknya menyerukan sebuah aksi kepedulian sosial, aksi kemanusiaan, dan aksi solidaritas untuk saudara-saudara Muslim yang ada di Suriah.

“Aksi ini adalah yang keempat dari Aliansi Masyarakat Peduli Kemanusiaan yang jumlahnya kurang lebih sekitar 60 lembaga Se-Kabupaten Garut. Kita fokus pada aksi-aksi kemanusiaan seperti ini. Hari ini kita melakukan aksi untuk membela dan peduli terhadap saudara kita yang ada di Suriah. Aksi ini sebagai bentuk protes dan dukungan kepada pemerintah supaya pergerakan yang ada di Kabupaten Garut ini khususnya, disampaikan kepada pemerintah pusat dan dunia bahwa warga Garut sangat peduli dengan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Suriah,” ungkapnya kepada hariangarut-news.com, Jumat (09/03).

Ia mendesak pemerintah untuk segera mengambil langkah tegas menyelesaikan tragedi kemanusiaan tersebut. Hal itu, kata dia, sebagai amanah pembukaan UUD 1945 yang  menolak penjajahan.

“Tuntutan kami, hentikan pembantaian saudara-saudara kami di Suriah. Indonesia harus menjadi yang terdepan. Segera hentikan kekerasan di Suriah dan berikan seluasnya-luasnya perlindungan untuk umat muslim di Suriah. Kami AMPK Kabupaten Garut, selain melakukan aksi dan orasi, kami juga melakukan penggalangan dana untuk warga Ghouta dan Aleppo,” pungkasnya.

Aksi solidaritas bertajuk “Seruan Aksi Solidaritad Muslim Ghoutah dan Aleppo” itu dimulai dengan orasi-orasi dari perwakilan ormas dan elemen umat dilanjutkan dengan longmarch mengitari pusat Garut. Tak ayal, aksi yang berlangsungpun mendapat pengawalan dari Kepolisian Sektor Garut Kota dan Forkopim Kecamatan Garut Kota.  (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY