42 Orang Warga Malangbong Garut Keracunan Makanan Hajatan

0
957

HARIANGARUT-NEWS.COM -Usai menyantap makanan yang dihidangkan di hajatan, puluhan warga Desa Sakawayana, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, keracunan. 42 warga dirawat di Puskesmas Malangbong, Puskesmas Citeras dan Aula Desa Sakawayana.

Korban keracunan saat ini tersebar di tiga titik pengobatan, yakni Puskesmas Malangbong, Puskesmas Citeras dan Aula Desa Sakawayana.

Keracunan massal terjadi Selasa (06/03) siang, di rumah yang sedang melaksanakan hajatan pernikahan. Sekitar pukul 11.00 WIB, ada warga yang makan di hajatan tersebut mulai mengalami mual, pusing dan muntah.

“Ada sekitar 42 orang yang muntah-muntah dan saat ini sedang mendapatkan penanganan medis dari petugas kesehatan di Puskesmas Malangbong, Puskesmas Citeras dan aula desa. Bahkan saat ini juga sedang dilakukan penyisiran ke warga lainnya,” kata Camat Malangbong, Drs Teten Sundara M Si, kepada hariangarut-news.com, Selasa (06/03).

Melalui petugas kesehatan, kata Camat, dilakukan pemantauan kepada pasien yang sudah pulang dari rumah sakit maupun kemungkinan adanya susulan kasus baru. Menurut dia, umur korban yang mengalami gejala keracunan bervariasi, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Hingga sore ini, tercatat seluruh pasien yang dirawat 42 orang.

“Setelah itu, orang lain yang makan di tempat hajatan mengalami gejala sama. Mereka juga dibawa ke Puskesmas. Bahkan selepas Dzuhur, beberapa korban mengalami diare. Petugas sudah mengamankan sampel makanan untuk dilakukan uji laboratorium,” pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY