Desa-Desa di Garut Mulai Implementasikan Program Padat Karya

0
773

HARIANGARUT-NEWS.COM ,-Beberapa waktu lalu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) RI, Eko Putro Sandjojo mengatakan, pihaknya akan terus mendorong para kepala desa dan masyarakat desa agar segera memakai dana desa dengan menjalankan program padat karya, terutama membangun infrastruktur maupun program-program berbasis potensi lokal desa.

Kepala Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Cecep Kusniansyah (kiri), berharap program Padat Karya akan berdampak luas kepada masyarakatnya.

Dalam hal ini, pantauan langsung hariangarut-news.com, dua desa di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, yakni Desa Kertajaya dan Desa Keresek melaksanakan himbauan Menteri Desa tersebut, dengan melaksanakan kegiatan normalisasi di lokasi saluran air tersier untuk pertanian oleh warga masyarakat setempat.

Kepala Desa Kertajaya, Cecep Kusniansyah mengungkapkan, dana desa merupakan amanat Undang-undang Desa untuk meningkatkan jumlah dana desa. Cecep berharap, kedepannya masyarakat Kertajaya bisa melakukan berbagai inovasi dengan memanfaatkan dana yang diperoleh. Tujuan kegiatan Padat Karya itu sendiri, imbuh Cecep, untuk memberikan tambahan upah/pendapatan bagi masyarakat desa, meningkatkan daya beli, dan meningkatkan kesejahteraan di desa.

“Mudah mudahan program Padat Karya ini bermanfaat dan dapat dirasakan langsung hasilnya, baik setelah bekerja warga mendapatkan upah, jangka panjangnya ekonomi petani bisa lebih maju,” ungkap Cecep, Minggu (04/03).

Sekretaris Desa Keresek, Ruliansyah SE, telah memperkerjakan 100 orang warga setempat dalam melaksanakan program Padat Karya, Minggu (04/03).

Terpisah, Sekretaris Desa Keresek Kecamatan Cibatu, Ruliansah SE, yang sedang monitoring dilokasi saluran Cimeong Desa Keresek mengatakan, ini menjadi program prioritas pemerintah desa dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES), para pekerja padat karya yang diutamakan adalah masyarakat kecil atau keluarga Prasejahtera.

“Hampir seratus tenaga kerja yang terserap, pengerjaan selama empat hari sampai sekarang, dan Alhamdulillah tanggapan positif dari warga kami” ujarnya. (Igie/NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY