Inovasi GISA, Tingkatkan Pelayanan Dinas Dukcapil Garut

0
303

HARIANGARUT-NEWS.COM -Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Garut, Rina Siti Sobariah, pada dasarnya pemerintah ingin hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik dengan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ditemui di ruang kerjanya, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (02/03) di ruang kerjanya Jalan Patriot, Rina menyampaikan, bahwa pihaknya ingin terus meningkatkan program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), agar bentuk pelayanan kepada masyarakat, terutama untuk memperoleh tiga administrasi kependudukan yakni Akta Kelahiran (AK), Kartu Keluarga (KK) terbaru dan Kartu Identitas Anak (KIA) bisa terpenuhi dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Garut.

“GISA merupakan instruksi Menteri Dalam Negeri terkait peluncuran Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara cepat, terutama kepada orang tua yang baru melahirkan bayi mereka. Untuk mendapatkan GISA secara cepat sangat mudah sekali. Pemohon atau masyarakat hanya diminta untuk menyiapkan berbagai persyaratan seperti membawa fotocopy KTP-el, KK, buku nikah dan surat pengantar dari Desa serta Kecamatan,” ujar Rina kepada hariangarut-news.com.

Setelah itu, lanjut Rina, pemohon lapor ke petugas Dukcapil. Jika semua diproses, nanti akan diserahkan kembali kepada pemiliknya dengan Akminduk lengkap, termasuk dibuatkan identitas bayi, katanya.

Saat inipun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut memberikan pelayanan administrasi kependudukan melalui unit mobil layanan. Mobil layanan tersebut stanby setiap hari Minggu di acara Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, guna memberikan pelayanan bagi warga, baik itu pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Perekaman.

“Berhubung permohonan di unit mobil pelayanan membludak, kali ini hanya dibatasi untuk 100 penerbitan. Baik KK, KTP-el maupun Akte Kelahiran. Pelayanan publik dengan menggunakan mobil ini menjadikan suatu kebanggan bagi pemerintah Kabupaten Garut, mudah mudahan kinerja Disdukcapil khusunya bekerja semakin baik,” pungkasnya.

Salah seorang warga, Asep Somantri mengaku, merasa puas dengan pelayanan Disdukcapil Kabupaten Garut. “Saya baru saja melakukan proses perekaman KTP-el. Kebetulan ini kali pertama saya melakukan perekaman,” kata Asep selaku warga pemohon pembuatan KTP-el, Jumat (02/03).

Menurutnya, pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil pada hari ini cukup baik mengingat prosesnya yang cepat. “Kita bersyukur adanya layanan ini dipermudah juga dan gratis, begitu daftar langsung perekaman, dan langsung di proses,” tuturnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY