Registrasi Kartu Prabayar Banyak Yang Gagal, ini Alasan Kepala Disdukcapil Garut

0
807

HARIANGARUT-NEWS.COM – Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Garut, Hj Rina Siti Sabariah, Rabu (38/02), menanggapi beberapa hal mengenai program Registrasi Kartu Prabayar banyak yang gagal dalam pendaftaran yang diluncurkan oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Infomatika  (Kominfo) terkait kendala adanya ketidakvalidan NIK dan KK.

Rina mengatakan kendala pendaftaran registrasi melalui layanan SMS ke nomor  4444 terkendala dengan Nomor Induk  Keluarga (NIK) yang tidak sesuai dikarenakan sinyal yang tidak bagus, apalagi banyaknya yang mengakses hampir seluruh indonesia, sehingga mengakibatkan sulitnya masu, kadang server yang ada di pusatnya ada kendala atau lagi offline, kata Rina.

Rina menghimbau warga masyarakat yang belum mendaftarkan dan terkendala dengan nomor KK bisa datang ke kecamatan-kecamatan atau menghubungi Disdukcapil agar nomor KK di update dengan data terbaru yang disesuaikan dengan NIK, KTP, dan KK.

“Jadi bagi masyarakat tidak usah resah dan menjadi kendala untuk meregritasi kartu prabayar sebab walau sudah ditentukan tanggal 28 akan di-off-kannya sms dan telepon itu sementara sampai pendaftaran ulang diterima. Jadi masih  ada jeda waktu untuk mendata ulang kartu yang biasa di pakai”, ungkapnya.

Ia menambahkan, program pemerintah ini harus didukung semua lapisan masyarakat untuk mengantisipasi jumlah data penduduk yang tidak valid  dengan data yang tercatat di Disdukcapil.

“Sesuai yang diamanatkan Pak Bupati Koesmayadie, agar semua di data ulang kependudukan supaya jumlanya sesuai”, kata Rina.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan, Drs. Evip, menyebutkan,  sejak dimunculkan blangkonya sudah lebih dari 1200 lembar, dan sampai Rabu (28/2), diperkirakan tinggal 20-30% lagi yang belum tercetak.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin selama persyaratan yang mau membuat KTP jelas dan tidak ada kendala di peralatan kami,” katanya.

Pihaknya  menargetkan akan beres sebelum pilkada 2018 nanti. Ia berharap kepada  semua masyarakat yang belum mempunyai e-ktp dan sudah di foto segera menghubungi kecamatan setempat untuk berkordinasi.

“KTP yang sudah atau belum dibuat, apabila ada kendala setelah surat keterangan pengambilan KTP,  tapi tidak bisa di ambil  diharuskan cek ulang dan irish mata bisa di kecamatan atau datang langsung ke Disdukcapil,” ujar Evip. (Igie)**

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY