Peduli Pasien Thalassemia, Diah dan Hani Ajak Warga Garut Giatkan Donor Darah

0
254

HARIANGARUT-NEWS.COM -Thalassemia adalah kelainan darah bawaan yang mempengaruhi hemoglobin sehingga menjadi tidak normal. Hemoglobin adalah molekul protein dalam sel darah merah yang memberikan warna merah dan bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selasa (27/02), bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut, Hj Diah Kurniasari dan dr Hani Firdiani, istri-istri dari Calon Bupati dan Wakil Bupati Garut dari Paslon Nomor Urut 1 Rudy Gunawan dan Helmi Budiman ini, menjenguk sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli terhadap penderita thalasemia.

“Mereka yang tidak beruntung karena memiliki kelainan darah yang diturunkan dimana tubuh tidak memproduksi cukup hemoglobin sehingga mengakibatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh sedikit,” ujar dr Hani Firdiani Budiman, saat mengunjungi pasien thalasemia anak-anak di RSUD dr Slamet, Selasa (27/02).

Hani mengatakan, sepatunya kita yang memiliki kemampuan lebih bisa berbagi kepada saudara kita yang tengah dalam penderitaan dan kekurangan. Salah satunya mereka para penderita thalasemia, tuturnya.

Dalam kesempatan itu Diah dan Hani juga sempat memberikan santunan kepada sejumlah pasien anak. Ia berharap pasien thalasemia bisa dilayani dengan baik di Rumah Sakit Umum dr Slamet Garut ini.

Sementara Hj Diah Kurniasari Gunawan menyampaikan, kegiatan yang bekerjasama dengan Ikatan Isteri Dokter Indonesia (IIDI) Kabupaten Garut tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap pasien thalasemia.

Kita memberikan hadiah supaya pasen thalasemia maupun orang tua termotivasi, semangat dan bersabar dalam menjalani pengobatan. Hadiah yang kita berikan kadang-kadang berupa makanan, alat sekolah atau lainnya. Saya juga berharap agar partisipasi masyarakat Garut dalam donor darah semakin digiatkan lagi,” ungkap Diah.

Istri Rudy Gunawan ini menambahkan, kebutuhan darah di Kabupaten Garut untuk pasien thalasemia sanggup menurunkan kematian Ibu dan Bayi sekitar 1800-2000 labu per bulan.

“Dulu Unit Dose Dispensing (UDD) Garut hanya mampu mendapatkan 600-800 labu darah per bulan, sekarang Alhamdulillah bisa sekitar 1200-1400 per bulan. Insya Allah saat inipun kami sedang mengusahakan tempat dan prosedur pelayanan thalasemia di RSU dr Slamet agar lebih nyaman, dan mendorong manajemen RSU untuk segera memfungsikan Bank Darah di dalam bangunan ini,” pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY