Hujan Deras, Jalan Bratayudha Garut Kota Berubah Jadi Sungai Kecil

0
1529

HARIANGARUT-NEWS.COM -Ruas Jalan Bratayudha yang merupakan jalan padat di wilayah Garut Kota seperti belum dilengkapi drainase permanen. Di saat hujan, banjir mengalir di badan jalan seperti kali kecil.

Kondisi seperti ini mestinya tidak dianggap sepele oleh pemerintah karena dampaknya cukup besar yakni bisa memperpendek usia jalan hotmiks.

Pantuan hariangarut-news.com, Senin (26/02) di ruas jalan tersebut banyak berlubang dan rata-rata digenang air karena musim hujan. Drainase permanen belum terlihat banyak di ruas jalan ini. Saat musim hujan banjir mengalir di badan jalan, akibatnya bahu jalan terkikis dan hotmiks pecah-pecah.

Kepala Seksi Kedaruratan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Erwin Gunadi S Sos mengatakan, banjir di sejumlah kawasan di Garut Kota akibat banyaknya sampah yang tersumbat di saluran drainase. Ketika hujan deras, saluran tidak dapat menampung air dengan volume tinggi.

Jalan Ciledug saat hujan deras pada Senin (26/02) sekira pukul 15.00 WIB.

“Banjir genangan itu karena gorong-gorong yang tersumbat sampah dan tidak lancarnya saluran drainase,” kata Erwin kepada hariangarut-news.com.

Menurut Erwin, genangan air itu sudah biasa terjadi saat hujan deras. Namun, tidak lama setelah hujan reda, genangan air akan cepat surut.

Ada sejumlah ruas jalan raya yang tergenang air. Di antaranya adalah Jalan Merdeka, Jalan Ciledug, Jalan Pembangunan dan kawasan Gedong Panjang.

“Volume air yang meningkat itu kan mestinya daya tampung drainase harus meningkat. Ini semakin menyempit,” kata dia.

Erwin menyampaikan, pihaknya akan melaporkan kepada pimpinan dan akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum setempat agar drainase yang menyempit bisa diperlebar kembali. Jika tidak demikian, genangan air akan selalu terjadi pada saat hujan turun.

Ia pun berharap kepada sejumlah warga untuk tetap waspada sebab potensi hujan lebat masih akan terus terjadi.

“Kewaspadaan warga juga perlu ditingkatkan,” ujarnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY