Tak Mau Digigit Emak-Emak, Satlantas Polres Garut Gelar Razia Jaman Now

0
610

HARIANGARUT-NEWS.COM -Setelah viral video emak-emak yang menggigit tangan Briptu Erlangga Hananda Seto, anggota Satlantas Polres Kudus, Jawa Tengah. Kali ini Sat Lantas Polres Garut menggelar Razia Jaman Now yang cukup Berbeda, dimana dalam pelaksanaanya disiapkan Helm gratis bagi masyarakat yang melanggar, namun syaratnya mereka tetap ditilang setelah itu baru mereka diberikan Helm secara gratis, Jumat (23/02).

Kasatlantas Polres Garut AKP R Erik Bangun Prakasa SH SIK menuturkan, angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan anak di Garut masih cukup tinggi. Salah satu faktor penyebabnya adalah tingkat kesadaran keselamatan berlalu lintas yang terbilang masih sangat minim.

“Razia kami lakukan di lokasi trouble spot dan black spot yang sering terjadi Kecelakaan. Dalam razia ini metoda yang digunakan cukup berbeda, untuk pelanggar, usai ditilang kami siapkan Helm gratis bagi masyarakat, ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang lebih fatal. Hal ini juga untuk memberikan solusi kepada masyarakat, jadi bukan hanya kita tilang tapi kita juga menyiapkan Helm secara gratis untuk pelanggar yang kena tilang, salah satu tujuannya ya mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas. Kadang masih sering kita temukan orang tua yang membonceng anaknya tidak menggunakan helm. Ini sangat riskan jika terjadi kecelakaan,” ungkap Kasatlantas Polres Garut.

Memohon doa dan kelancaran sebelum melaksanakan tugas dipimpin KBO Satlantas Polres Garut, Iptu Tejo Reno Indratno. 

AKP Erik menjelaskan, pembagian helm ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan serta memberi pendidikan disiplin bagi pengguna kendaraan. Pihaknya berharap masyarakat dapat meningkatkan kesadaran hukum dalam berkendara sehingga tidak ada lagi kecelakaan dan pelanggaran, ujarnya.

Dalam operasi yang digelar hari ini, pihaknya membagikan helm gratis kepada para pelanggar yang tidak memakai helm. Widya (29), salah satu pengendara yang melintas pada saat razia tersebut juga mendapatkan helm gratis itu. Widya mengatakan sengaja tidak mengenakan helm karena hanya menempuh jarak dekat.

“Antara pasar dan rumah saya dekat sekali, paling 500 meter. Makanya saya tak pakai helm,” katanya.

Meski ditilang, Widya berterima kasih kepada polisi yang telah memberinya helm. “Tapi memang terkadang saya lupa tak pakai helm. Terima kasih pak Polisi, baru kali ini saya ditilang tapi malah dapat hadiah helm,” ujarnya.

Menggelar baksos kepada warga tidak mampu sudah menjadi bagian Program Polres Peduli yang sering dilakukan jajaran Satlantas Polres Garut.

Setelah menggelar razia dengan membagikan helm gratis kepada pelanggar, jajaran Satlantas Polres Garut melanjutkan kegiatan dengan Bakti Sosial kepada masyarakat tidak mampu yang ada disekitar lokasi.

“Tujuannya meminta doa supaya lokasi tersebut terhindar dari kecelakaan, hal ini dilakukan berasal dari giat sedekah rutin anggota Satlantas Polres Garut setiap hari Jumat,” pungkas Erik. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY