Selain Gelora Kerkof, Mantan Bupati Garut Ini Bangun Monumen Perjuangan Kubang

0
476

HARIANGARUT-NEWS.COM – Sehari usai Hari Jadi Garut Ke-205, warga Garut kembali kehilangan putra terbaiknya. Dede Satibi, mantan Bupati Garut Ke-22 menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 00.40 WIB, Sabtu (17/02) dinihari di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Jelang pemakaman, ribuan masyarakat sejak pagi sudah menunggu kedatangan jenazah menuju rumah duka di Jalan Terusan Pembangunan, dan disemayamkan di Makam Keluarga KH Maduki, Kelurahan Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Dede Satibi, terlahir dari lingkungan keluarga yang taat beragama, ayahnya KH Masduki meninggal ketika Dede masih kanak-kanak. Kemudian dia dibesarkan oleh ibunya Hj Euis, guru mengaji dan mubaligoh terkenal di wilayah Garut. Usai tamat SMA (1962) Dede mengambil kursus Dinas C dengan alasan agar memperoleh tunjangan ikatan dinas dan pemondokan di asrama. Setelah tamat ia ditempatkan di kantor Kecamatan Cikajang-Garut dan kemudian mendapat kesempatan untuk kuliah di APDN (STPDN sekarang) langsung diterima ditingkat II dan merupakan lulusan pertama dari akademi tersebut.

Dede sempat ditugaskan di Kantor Kewedanaan Garut sebagai tata usaha dan lalu menjadi ajudan bupati. Tahun 1971 lulusan dari institute pemerintahan (IIP), yang selanjutnya ia ditempatkan di Tangerang dengan jabatan terakhir kasubdit Pembangunan. Empat tahun kemudian ditarik ke Kabupaten Bekasi dan jabatan yang pernah ia duduki antara lain Kepala Bagian Pembangunan di Setda Kabupaten Bekasi, Ketua Bappeda, hingga akhirnya menjadi Wakil Bupati Bekasi.

Karir pria kelahiran Garut 16 Agustus 1943 sebagai pegawai pemerintahan daerah dimulai dari bawah dan 35 tahun kemudian berhasil menduduki jabatan sebagai Bupati Garut ke-22 (1998-2003). Prestasi selama menjadi bupati, antara lai membangun sarana sarana olahraga (bekas makam kerkoff) dengan nama Geolara Merdeka. Dede pulalah yang pertama menggagas ide agar dibangun sarana olahraga yang sekarang sedang dibangun di wilayah Ciateul.

Nama-nama pejuang yang gugur ditandatangani oleh Bupati Garut Dede Satibi dalam Monumen Perjuangan Kubang yang terletak di Jalan Garut-Bandung, Kecamatan Tarogong Kaler ini.

Selain Gelora Merdeka Kerkoff, melalui kepemimpinan Dede Satibi, Pertempuran Pemuda Garut di Haur Panggung, Tarogong Kaler, kemudian dikenang dengan mendirikan Tugu Pertempuran Kubang. Monumen ini dibuat atas prakarsa Legiun Veteran dan pembangunannya diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1999 oleh Bupati Garut, Dede Satibi, pada waktu itu.

Bupati yang memfavoritkan artis Gerald Jolling dan lagu Demi Masa dari Raihan itu, hingga menjelang akhir hayatnya tidak pernah meninggalkan shaum Senin dan Kamis. Berkat Dede Satibi disamping rumahnya di jalan Terusan Pembangunan berdiri megah Masjid Karena Darul Muttaqien. (Igie/Diskominfo Garut) 

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY