FK-KIM Garut Menggiring Komunitas Agar Pintar Memilih Pemimpin Bersih

0
649

HARIANGARUT-NEWS.COM -Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut bersama Linkom Civil Society (LCS) menggelar Silaturahmi Lintas Komunitas Se-Kabupaten Garut sekaligus Dialog Politik bertema “Mencari Pemimpin Jawa Barat yang Kuat, Berintegritas dan Amanah” di Villa Buleud, Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Senin (12/02).

Selain Komunitas Seni, Komunitas Kuliner, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut, Komunitas Padud Garut, Konsorsium Pemuda Garut, Forum Solidaritas Pemuda Garut, Praktisi Media, hadir sebagai narasumber, mantan Wakil Bupati Garut, Memo Hermawan dan Ketua
Masyarakat Peduli Anggaran Garut (Mapag) Haryono, beserta tamu undangan yang lainnya.

Hadir ditengah-tengah komunitas sebagai narasumber, mantan Wakil Bupati Garut, Memo Hermawan dan Ketua Masyarakat Peduli Anggaran Garut (MAPAG), Haryono, pada acara Silaturahmi Lintas Komunitas Garut, Senin (12/02).

“Perlu saya tegaskan, kehadiran kami di acara silaturahmi ini, dan bisa berkumpul dengan semua karena izin Allah. Perlu diketahui, saya hadir sebagai diri saya pribadi bukan sebagai utusan partai,” ungkapnya.

Terkait Pilkada Serentak, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, imbuh Memo, kita harus pandai-pandai memilah dan memilih seorang pemimpin sebab itu akan menentukan lima tahun ke depan untuk kemajuan suatu daerah.

“Pilihlah pemimpin yang religius, yang mengerti dan paham keinginan masyarakat, nilai kebangsaannya tinggi dan seorang pemimpin yang mau turun ke bawah, yang mau melayani masyarakat serta orangnya tegas,” katanya.

Disamping itu, lanjut Memo, hendaknya sebagai masyarakat kita bisa lebih teliti, jejak rekam seorang Calon Pemimpin menjadi suatu hal yang harus dicermati, disamping juga kapabelitas, integritas dan elektabilitasnya. Keterkaitan seorang calon pemimpin dengan pemimpin sebelumnya juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya dalam mencari sosok pemimpin yang benar-benar bersih, karena juga harus bersih dari kejahatan pemimpin sebelumnya, ucapnya.

“Memilih sosok figur calon pemimpin semata karena sosok tersebut memenuhi semua kriteria yang diharapkan, tapi juga bukan berarti mengabaikan partai yang mengusungnya. Jejak Rekam partainya juga perlu menjadi pertimbangan, meskipun bukan kemutlakan. Komitmennya terhadap kepentingan rakyat adalah suatu hal yang patut diperhatikan, sesuai dengan sikap dan prilaku serta kinerjanya yang sudah pernah diimplemntasikan secara nyata,” tandas Memo.

Haryono menambahkan, pemimpin Jawa Barat ke depan harus mengakomodir pengelolaan tata ruang, agribisnis, wisata dan kelautan. Karena menurut Ketua Mapag Garut ini, apabila perencanaan pembangunan dan pelaksanaannya dikelola dengan baik, maka pembangunan yang dilaksanakan dengan seksama dapat memperbaiki pendapatan penduduk secara merata dan berkelanjutan.

“Pada akhirnya, hasil pembangunan tersebut dapat memakmurkan masyarakat Jawa Barat secara keseluruhan,” pungkasnya.

Sementara Ketua FK-KIM Kabupaten Garut, Janur M Bagus menyampaikan, kegiatan ini selain ajang silaturahmi antar komunitas, dan mempererat kebersamaan sesama pengurus KIM, juga alih-alih mencari pemimpin Jawa Barat yang bisa menjadi mesin pendorong perubahan.

“Itulah sebabnya kegiatan ini membahas kepemimpinan, meskipun era terus berganti, namun mencari pemimpin menjadi tema yang selalu aktual untuk didiskusikan dan diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan dengan digelar acara ini menjadikan masyarakat cerdik dalam memilih pemimpin, baik Pilbup, Pilgub, Pileg maupun Pilpres,” pungkas ketua FK-KIM Kabupaten Garut, yang akrab disapa Abah Janur itu. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY