Ingin Raih Predikat Kepatuhan, Kabupaten di Gorontalo Ini Study Banding Ke Garut

0
188

HARIANGARUT-NEWS.COM – Dipimpin Wakil Bupati Pohuwato, Pemerintah Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, Aman Haras, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut. Rombongan sejumlah 56 orang tersebut diterima langsung oleh Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH MH, Kamis (08/02) di ruang Pamengkang Pendopo Kabupaten Garut.

Selain Wakil Bupati Pohuwato, Asisten Pemerintahan Fitser Mohune, para sekretaris Perangkat Daerah dan Sekretaris Kecamatan, Kabag Ortala Nizma Sanad, Kabag Hukum Muslimin Nentu, Kabag Tapem Heriyanto Uwete dan para administrator serta pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato turut serta mengikuti study banding ke Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras menyampaikan maksud melakukan kunjungan kerja ini, kata dia, tiada lain karena Kabupaten Garut baru saja menerima Perhargaan Predikat Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik dari Ombusmen Republik Indonesia dan masuk ke zona hijau. Sehingga, imbuh Amin, tidak ada alasan bagi pihaknya untuk datang ke Kabupaten Garut.

“Dalam waktu dekat ini Kabupaten Pohuwato akan kedatangan tim Ombusman Republik Indonesia untuk melakukan penilaian terhadap pelayanan publik ke tempat kami. Dan kami datang ke Kabupaten Garut ini untuk mencari ilmu, mendengar, dan melihat langsung pelayanan publik disini yang nanti menjadi acuan dalam menyiapkan langkah-langkah yang harus kami siapkan,” ungkap Amin.

Wakil Bupati Pohuwato juga berharap dapat menyerap ilmu yang sebanyak-banyaknya dari Kabupaten Garut dan akan melakukan kaji tiru, sehingga pihaknya benar-benar siap dalam menghadapi penilaian Ombudsman, dan berharap mampu seperti Kabupaten Garut bisa meraih prestasi yang sangat baik dalam pelayanan publik, cetusnya.

Sementara itu, Rudy Gunawan menyampaikan, dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini, Kabupaten Garut telah mencapai lonjakan dan capaian prestasi yang sangat positif, diantaranya Kabupaten Garut lepas dari daerah tertinggal, meraih WTP tiga kali berturut-turut, perhargaan Inagara dari Lembaga Andimistrasi Negara yang berkaitan dengan inovasi, Dokumen Perencanaan Terbaik, Laporan Perencanaan Pemerintahan Daerah (LPPD), Perhargaan Predikat Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik dari Ombusmen serta masih banyak lagi penghargaan yang di terima Kabupaten Garut, kata Rudy dihadapan para tamu.

“Alhamdulillah Kabupaten Garut sekarang ini semakin banyak perubahan, beberapa penghargaan dapat kita diraih. Kunci dari semua semua ini adalah kepercayaan kepada aparatur dan juga sudah menjadi komitmen dari pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Rudy.

Rudy pun melanjutkan, masyarakat merindukan pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Garut selalu mengedepankan pelayanan publik yang prima dan juga berusaha mendekatkan pelayanan pada masyarakat, katanya.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama, untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik dan sebagaimana pelaksanaan Peraturan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015 – 2019, Ombudsman RI mendorong penyelenggaraan pelayanan publik dan mematuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” terang Bupati Garut.

Rudy menambahkan, penyelenggaraan pelayanan publik yang baik tidak bisa dilepaskan dari komitmen pemerintah. Kepala daerah juga, sambung Rudy, harus memegang teguh prinsip penyelenggaraan pelayanan publik yang baik sesuai dengan ketentuan pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pungkasnya. (Igie) **

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY