Kasat Binmas Polres Garut Apresiasi Pembentukan Pokdar Kamtibmas

0
513

HARIANGARUT-NEWS.COM -Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Koordinator Wilayah Kabupaten Garut membentuk kepengurusan. Pembentukan kepengurusan ini dilakukan di acara silaturahmi yang digelar Sabtu (03/02) malam, di Mako Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) dan Cakra Pokdar Kamtibmas Polda Jabar di Mako Polres Bandung Tengah, Jalan Ahmad Yani, Kodya Bandung.

Pembentukan pengurus ini, jelas Ketua Pokdar Kamtibmas korwil Garut, Bambang Ferry, agar secara organisasi kedepan lebih tertata. “Saat ini ada anggota Pokdar Kamtibmas di Kabupaten Garut yang tersebar di 33 Polsek, karena itu diperlukan kepengurusan,” jelas Bambang.

Silaturahmi sekaligus pembentukan jajaran Pokdar Kamtibmas Koordinator Wilayah Kabupaten Garut ke Mako FKPM dan Cakra Pokdar Kamtibmas Polda Jabar, Sabtu (03/02).

Selain pembentukan pengurus Pokdar Kamtimbas, Bambang juga mengatakan bahwa silaturahmi tersebut juga membahas mengenai pakaian anggota Pokdar Kamtibmas dan masalah kartu anggota. “Dua hal ini juga penting, agar semakin rapi pokdar kamtibmas. Sementara sesuai arahan Ketua Umum, struktural kepengurusan di tingkat Kabupaten atau Resor hanya ada Ketua Koordinator dan anggota kebawahnya,” terang Bambang, yang juga pemilik Saung Bambu Aki Abu di kawasan Obyek Wisata Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut tersebut.

Dalam acara silaturahmi ini, jajaran Pokdar Kamtibmas Korwil Garut diterima oleh Ketua Umum FKPM dan Cakra Pokdar Kamtibmas Polda Jabar, Drs Tubagus D Rasmayuningrat beserta pengurus lainnya. Ketum menyampaikan, pada prinsipnya FKPM maupun Pokdar Kamtibmas dalam menjalankan Tupoksinya tidak jauh berbeda. Hanya, kata dia, Pokdar Kamtibmas dalam eksistensinya lebih luas dibanding FKPM.

“FKPM melalui Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 Pasal 32 dalam menjalankan Tugas, Hak dan Wewenangnya untuk membantu petugas Kepolisian dalam menyelesaikan tindak pidana ringan secara musyawarah dengan melibatkan RT atau RW dan anggota Bhabinkamtibmas setempat,” ungkap Tubagus.

Sementara, lanjut dia, Pokdar Kamtibmas dalam menjalankan operasionalnya lebih luas dan dititikberatkan membantu petugas Kepolisian dilapangan atau melaksanakan PAM-PAM tertentu. Intinya, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan Masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum Kamtibmas, tandasnya.

“Sesuai dengan Surat Keputusan Kapolri Nomor Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas atau Pokdar Kamtibmas, diharapkan jajaran pengurus hadir ditengah masyarakat untuk memberikan suluh dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas dan hukum. Membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan Kepolisian, masyarakat, kelompok atau komunitas,” pungkas Ketua Umum.

Terpisah, sementara Kasat Binmas Polres Garut AKP Poniman SH menyampaikan, setelah menerima laporan adanya pembentukan Pokdar Kamtibmas, dirinya sangat mengapresiasi dengan telah dibentuknya Pokdar Kamtibmas Korwil Kabupaten Garut tersebut. Dia mengatakan, Pemolisian di era sekarang sudah berubah jauh, bukan lagi crime hunter, tapi sudah masuk pada pemolisian masyarakat.

Seperti halnya FKPM, Senkom dan Mitra Polri lainnya, lanjut Poniman, Pemolisian masyarakat sekarang bertumpu kepada adanya hubungan yang baik dan kerjasama yang baik antara polisi dan masyakarat dalam rangka memecahkan masalah yang terjadi dimasyarakat.

“Dalam konteks seperti itu, maka peranan masyarakat sangat besar sekali, dan Pokdar saya lihat luar biasa, saya melihat aura antusias yang sangat tinggi untuk menjaga Kamtibmas. Apalagi sebentar lagi Kabupaten Garut akan menghadapi Pilkada Serentak, tentunya kontribusi dari pengurus Pokdar untuk membantu petugas Kepolisian dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif sangat diharapkan,” terangnya.

Kasat Binmas Polres Garut berharap, Pokdar Kamtibmas harus lebih membangun dan mengembangkan kemitraan dengan segenap komunitas dalam memelihara situasi Kamtibmas. Mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas, pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY