Koramil 1112 Samarang Garut, Bersihkan Lalu Pasang Spanduk di TPS

0
974

HARIANGARUT-NEWS.COM -Sampah semestinya ada di tempat sampah. Namun berbeda jika melintas di Jalan Raya Garut-Cikajang, tepatnya di Desa Samarang Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, jalan itu justru dijadikan wadah tangan jahil menjadi tempat pembuangan sampah (TPS).

Pada Jumat (26/01), Kodim 0611 Garut melalui Koramil 1112 Samarang, membersihkan lokasi dan diangkut dengan armada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut.

Danramil 1112 Samarang Kodim 0611 Garut, Kapten Inf Dedi Saefuloh menyebutkan, jalur Garut-Cikajang merupakan jalur utama menuju ke lokasi berbagai obyek wisata di Garut. Sehingga bila jalur tersebut dipenuhi banyak sampah, maka tidak etis dipandang oleh wisatawan yang bakal menggunakan jalur ini.

Dedi melanjutkan, tujuan utama pembersihan sampah di lokasi ini tentu untuk menjadikan jalan menjadi bersih. Pasalnya para pengguna jalan termasuk warga setempat mengeluh kalau melewati jalur itu, karena menghirup bau tidak sedap, ucapnya.

“Kami bekerja sama dengan Camat, Polsek dan Dinas Lingkungan Hidup dalam menyediakan armada pengangkut sampah. Tumpukan sampah lebih dari satu mobil ini berhasil diangkut dan dibuang ke TPA Pasir Bajing,” jelasnya.

Koramil 1112 Samarang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, mengangkut sampah yang ada di Desa Samarang Kecamatan Samarang.

Lanjut Dedi, pembersihan lokasi itu diawali pengaduan masyarakat terkait sampah yang semakin hari semakin memprihatinkan. Kegiatan tersebut merupakan yang kesekian kali.

Kegiatan ini, kata dia, akan rutin dilakukan di wilayah kewenangan Koramil Samarang. Juga  bekerjasama dengan Forkopim setempat dan masyarakat dalam rangka menciptakan kebersihan lingkungan.

“Sebelumnya pernah dipasang larangan membuang sampah sembarang namun tidak terlalu besar seperti spanduk ini. Sekarang kita pasang lebih besar agar masyarakat menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” imbuhnya.

Danramil Samarang mengakui, jika tumpukan sampah di lokasi tersebut karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab, terutama oknum pengendara yang membuang sampah di lokasi itu. Pihaknya menekankan kepada masyarakat dan pengguna jalan agar sadar dan peduli terhadap lingkungan. Forkopim Kecamatan Samarang bakal memberi teguran keras hingga sanksi apabila menemukan masyarakat yang sengaja membuang sampah di lokasi itu.

“Kita sudah memasang nomor kontak di spanduk larangan membuang sampah tersebut. Jadi kalau ada warga atau siapapun yang melihat orang yang membuang sampah di lokasi, bisa langsung menghubungi kami semua,” pungkas Kapten Dedi. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY