Mengawali Coklit, PPK di Garut Gelar Apel Gabungan dengan PPDP

0
765

HARIANGARUT-NEWS.COM –Tahapan Pilkada serentak memasuki Tahapan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) serentak sesuai jadwal tanggal 20 Januari 2018. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai disibukan dengan pemilahan Data Potensial Pemilih yang baru diterima dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pantauan hariangarut-news.com, pada Sabtu (20/01) PPK Kecamatan Cibatu, menggelar Apel Gabungan sekaligus pengarahan teknis bagi Petugas PPDP Se-Kecamatan Cibatu di halaman Kantor Kecamatan Cibatu. Pembina Apel dipimpin langsung oleh Camat Cibatu Drs Sardiman Tanjung, dengan dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Cibatu, PPK, Panwascam, Kepala Desa, jajaran PPS dan Sekretariat PPS serta seluruh petugas PPDP Se-Kecamatan Cibatu.

Ketua PPK kecamatan Cibatu, Deni Muhamad M Pd, menyampaikan arahah kepada PPDP pada acara Apel Gabungan, Sabtu (20/01).

Dalam sambutannya, Ketua PPK Cibatu Deni Muhammad Toha M Pd menyampaikan, agar para petugas melaksanakan sesuai aturan dan mekanisme payung hukum PKPU.

“Hati hati dan teliti dalam mencocokan data pemilih, jangan ada yang terlewat dalam mendata, koordinasi selalu dengan PPS maupun kami di jajaran PPK, kami terbuka dan siap membantu demi kelancaran dilapangan,” tandas Deni.

Karena itu, lanjut Deni, pihaknya ingin mengimbau kepada seluruh PPDP agar bekerja sungguh-sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur dengan benar. Mencatat yang harus dicatat. Mencoret yang harus dicoret, tandasnya.

Camat Cibatu, Sardiman Tanjung, sedang menyerahkan KTP dan KK kepada PPDP.

Deni juga menegaskan, petugas PPDP tidak diperkenankan untuk meninggalkan data yang digunakan untuk proses coklit di rumah warga. Dengan harapan, agar warga itu sendiri yang mengisi datanya.

“Kadang data itu ditinggal saja, nanti warga yang ngisi sendiri. Itu tidak boleh. Ini demi langkah awal memperbaiki data pemilih Pilkada 2018 yang nanti juga sekaligus akan kita gunakan sebagai data Pemilih Pemilu 2019,” terang Deni.

Di hari pertama Coklit, Ketua PPK Kecamatan Cibatu, bersama Panwascam mendampingi Sekretaris PPS dan PPDP Desa Wanakerta.

Lebih lanjut Deni menjelaskan, teknis coklit adalah mencocokan identitas pemilih dengan data yang tertera pada Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4). Identitas yang dicocokkan seperti nama dan domisili yang bersangkutan dibuktikan dengan keterangan di Kartu Tanda Penduduk miliknya. Apabila ada perbedaan, petugas akan menyesuaikan dengan KTP-nya.

“Petugas coklit akan mencoret nama-nama yang diketahui telah pindah domisili, meninggal dunia juga warga yang menjadi anggota kepolisian dan tentara. Sedangkan untuk nama yang tidak dikenal, petugas akan berkoordinasi dengan pihak Desa atau Kecamatan untuk didata ulang,” pungkas Ketua PPK Kecamatan Cibatu.

Sementera, Camat Cibatu Drs Sardiman Tanjung, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat melaksanakan tugas kepada seluruh petugas PPDP.

Petugas PPDP Desa Wanakerta, Sri Andayani, sedang menempelan stiker di rumah warga tanda sudah di coklit.

“Selamat bekerja kepada seluruh petugas Pemutakhiran Data, ini tugas penting dalam rangka mensukseskan Pilkada Serentak 2018. PPDP perlu memperhatikan sejumlah pemilih yang potensial tidak sedang berada di rumah pada saat melakukan coklit, dalam mendatangi rumah pemilih, pertimbangkan waktu saat seluruh anggota keluarga tersebut ada di rumah,” ujar Camat.

Selain itu, menurut Sardiman, PPDP perlu memperhatikan pemilih yang belum berusia 17 tapi sudah menikah. Ia mengatakan hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus. Petugas tidak hanya dilihat berdasarkan umur, tapi juga status pernikahan.

“PPDP perlu memperhatikan penduduk yang belum berumur 17 tahun tetapi sudah menikah. Dalam melaksanakan proses pencocokan dan penelitian, PPDP tidak hanya fokus terhadap penduduk yang telah memenuhi umur 17 tahun, tetapi juga pada status perkawinan penduduk yang bersangkutan,” pungkas Sardiman dalam arahannya. (Igie/Ndy)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY