Kecamatan Cibatu Garut Gelar Munsrenbang, Desa Karyamukti Raih Penghargaan

0
680

HARIANGARUT-NEWS.COM – Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, di aula Kantor Camat Cibatu, Selasa (16/01). Musrenbang ini dipimpin langsung oleh Camat Cibatu, Drs Sardiman Tanjung.

Turut hadir pula anggota DPRD Kabupaten Garut yakni Jaja Sudarja, Aay Syarif Hidayat, Cucu Rodiah dan Deden Sofyan, Bappeda, unsur Forkopim Kecamatan Cibatu, para kepala UPT, Kepala Desa, BPD, LPM dan undangan lainnya.

Camat Cibatu dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang digelar untuk menentukan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) melalui tahapan musyawarah tingkat RW, Musyawarah tingkat Dusun (Musdus), Musrenbang Desa, dan tahapan Musrenbang Kecamatan untuk penyusunan Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan (RPTK) yang selanjutnya dijadikan bahan RKPD Kabupaten Garut.

“Musrenbang Kecamatan merupakan musyawarah yang dilakukan di tingkat Kecamatan, guna memperoleh masukan dari masyararakat terkait rencana kerja Kecamatan dan RKPD di tahun 2018,” terang Sardiman Tanjung.

Seluruh masukan, lanjut Camat, yang telah diperoleh dari masyarakat pada saat rembuk warga dan musrenbang Desa, akan ditampung di Musrenbang Kecamatan ini, dan hasilnya nanti akan dilanjutkan ke Musrenbang tingkat Kabupaten, cetusnya.

“Ini tahapan perencanaan button up atau berbasis partisipatif, diharapkan melibatkan semua potensi yang ada di desa, guna memantapkan program pembangunan yang berbasis kebutuhan dasar masyarakat. Kita ingin apa yang diputuskan hari ini dapat diperjuangkan pada Musrenbang tingkat Kabupaten sehingga dapat direalisasikan pada waktunya,” harap Camat Cibatu.

Dalam kesempatannya, Sardiman mengumumkan bahwa Desa Karyamukti merupakan salah satu desa yang melaksanakan Musrenbang terbaik tingkat kecamatan, dan langsung menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Kepala Desa Karyamukti, Widya Heru Kartika SE.

Desa Karyamukti mendapat penghargaan pelaksana Musrenbang terbaik se-Kecamatan Cibatu.

Staf Ahli Bupati Garut Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir H Suhartono, mewakili Bupati Garut, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Desa Karyamukti yang telah mendapatkan penghargaan dari Camat Cibatu sebagai penyelenggara Musrenbang terbaik.

“Kepada Desa Karyamukti, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Garut serta mewakili Bupati Garut, kami mengucapkan selamat dengan diterimanya penghargaan sebagai pelaksana Musrenbang terbaik Se-Kecamatan Cibatu,” ujar Suhartono.

Sementara, anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi Golkar, Deden Sofyan, menyampaikan kehadirannya tak lain menjalankan fungsi dan wewenang dalam mensukseskan program pembangunan khususnya di Kabupaten Garut.

“Kami hadir untuk menyerap aspirasi dan berkewajiban membahas dan menjadi pokok pikiran di DPRD Garut, kepada semua hadirin selamat menjalankan Musrenbang,” pungkas Deden. (Igie/Ndy)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY