Petani Garut : Babinsa, Motivator Kami Tingkatkan Swasembada Pangan

0
435

HARIANGARUT-NEWS.COM – Manfaat dari keterlibatan anggota TNI Angkatan Darat dalam mendukung program nasional swasembada pangan sangat dirasakan petani, khususnya di Kabupaten Garut.

Dalam hal ini, guna mensukseskan Swasembada pangan oleh pemerintah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1104 Sukawening Kodim 0611 Garut, Serda Gun Gun Irmansyah, melaksanakan pendampingan bersama Kelompok Tani
Sauyunan melaksanakan pembersihan dan perawatan rumput sawah yang berada di Kampung Pasanggrahan, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut, Sabtu (13/01).

Serda Gun Gun mengungkapkan, rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat. Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan, dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

“Tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal, mencabuti rumput dengan menggunakan alat tradisional agar tidak merusak tanaman padi dan pembersihan gulma tanaman padi tumbuh normal,” ungkap Serda Gun Gun kepada wartawan.

Sementara salah seorang anggota Kelompok Tani Sauyunan menyampaikan, pihaknya merasa bangga dengan turunnya TNI mendampingi para petani. Bahkan, kata dia, Babinsa juga kerap menjaga distribusi pupuk, memberikan penyuluhan dan membantu perbaikan saluran irigasi.

“Kami merasa ada motivator yang terus mendorong kami untuk bekerja di sawah. Para Babinsa senantiasa turut bekerja bersama kami. Itu yang membuat kami terus maju untuk menyukseskan program swasembada padi di daerah ini,” pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY