Mobil Damkar Tidak Bisa Masuk, Een Warga Cibatu Garut Hanya Bisa Pasrah

0
920

HARIANGARUT-NEWS.COM – Pemilik rumah di Kampung Cipaku RT01/10, Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, menjerit histeris saat melihat rumahnya dilalap si jago merah. Meski tak ada korban jiwa, musibah itu menyebabkan kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah, Sabtu (13/01) sekira pukul 09.00 WIB.

Api diduga berasal dari Gas LPG yang meledak di rumah berukuran 5 x 7 meter persegi milik Toha Sarifudin (45) warga Kampung Cipaku RT01/10, Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu. Lantaran rumah berada di area pesawahan, mobil pemadam kebakaran sulit mencapai ke lokasi, api cepat membesar dan menghanguskan rumah tersebut.

Kasi Trantib Kecamatan Cibatu, bersama anggota Koramil 1105 Cibatu dan Polsek Cibatu di lokasi kebakaran, Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Sabtu (13/01).

Kasi Trantib Kecamatan Cibatu, Oman Abdurahman mengatakan, menurut saksi, api pertama kali muncul di ruangan dapur yang terbuat dari kayu. Begitu melihat ke atas, api sudah membesar dan sulit dipadamkan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. untuk sementara Bapak Toha dan istri ibu Een serta kedua anaknya dievakuasi ke rumah saudaranya. Adapun kerugian ditaksir mencapai Rp75 Juta. Kami belum tahu pasti penyebabnya, kemungkinan karena kompor gas,” kata Oman.

Kasi Trantib menambahkan, petugas pemadam kebakaran sebenarnya sudah ke lokasi setengah jam usai kejadian. Namun, sempitnya jalan akses menuju lokasi kejadian menyulitkan tim memadamkan api. Sekitar satu setengah jam kemudian, api baru bisa dijinakkan.

“Petugas sulit masukkan mobil damkar ke lokasi, beruntung anggota Koramil Cibatu dan Kepolisian dibantu masyarakat setempat turun ke lokasi mengendalikan api dengan alat seadanya,” terang Oman kepada hariangarut-news.com.

Menurut Een, istri Toha, dia tak bisa menyelamatkan barang-barang dari rumahnya karena asap mengepul dan api cepat membesar. Dia hanya bisa pasrah melihat rumahnya itu hangus terbakar.

“Alhamdulillah anak saya selamat semua, kalau barang-barang di rumah habis semua,” kata Een. (NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY