Terkait Berkas Partai Hanura, KPU Garut Memanas

0
1092

HARIANGARUT-NEWS.COM – Terkait belum diterimanya Partai Hanura Kabupaten Garut oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut untuk mendukung pasangan Calon Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut, Agus Hamdani dan Pranata Aditya Wicaksana yang diusung PPP dan PAN, suasana di Kantor KPU Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler, cukup memanas pada Rabu (10/01) malam pada pukul 20.30 WIB.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Lucky Lukmansyah Trenggana sedang melakukan dialog dengan para pimpinan partai pengusung Paslon Cabup-Cawabup Agus-Aditya.

Beberapa kali secara bergantian pengurus Parpol dari PPP, PAN dan Hanura menyebut bahwa KPUD Garut telah melakukan pembunuhan karakter terhadap Partai Hanura karena KPUD menilai berkas SK yang diberikan untuk Paslon Agus-Aditya tidak sah.

“Kami tetap akan menghormati keputusan KPUD bila akhirnya kami tercoret, namun setelah ini kami akan mengajukan gugatan dan pertanyaan-pertanyaan akan kami lanjutkan di DKPP, Baswaslu Pusat dan Mahkamah Konstitusi,” ujar Wakil Ketua Partai Hanura Kabupaten Garut, Asep Irfan, Rabu (10/01) malam.

Wakil Ketua Partai Hanura Kabupaten Garut, Asep Irfan.

Namun setelah Ketua KPUD, Hilwan Fanaqi bersama Komisioner KPU lainnya melakukan koordinasi dengan KPU Pusat, akhirnya Partai Hanura diterima sebagai Partai pendukung Paslon Agus dan Aditya.

“Setelah berkoordinasi dengan pimpinan kami di KPU Pusat, dengan ini kami putuskan bahwa KPUD Kabupaten Garut menerima partai Hanura sebagai Partai pendukung Cabup dan Cawabup yang dinusung oleh PPP dan PAN,” ungkap Hilwan.

Sementara, Ketua Panwaslu Kabupaten Garut, dalam hal ini menolak untuk menandatangani berita acara penerimaan Partai Hanura mendukung kedua paslon tersebut, karena Panwaslu menilai KPUD telah melanggar aturan sesuai Peraturan KPU nomor 15 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pasal 40 ayat 3.

“Kami hanya menjalan aturan sesuai perundang-undangan. Ini akan menjadi temuan kami dalam melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang kami sebagai pengawas Pilkada,” tandas Heri Hasan Basri. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY