Wakil Bupati Minta Disbudpar Gencar Promosikan Wisata Garut

0
436

HARIANGARUT-NEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, mengintruksikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, untuk lebih giat mempromosikan destinasi wisata baru. Jika sudah demikian, Pemkab Garut optimistis kunjungan wisatawan pada akhir tahun ini akan meningkat cukup tajam bila didorong gencarnya promosi sejumlah objek wisata yang ada.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Garut ketika memantau para wisatawan yang hendak berkunjung ke Kawasan Obyek Wisata Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Selasa (26/12). Para pelancong, imbuh Helmi, pada umumnya mendatangi objek wisata terbuka seperti Gunung Papandayan, Talaga Bodas, Curug Orok, Karacak Valley, Villa Buleud, Wisdom (Wisata Domba), OKO di Kecamatan Selaawi.

Belum lagi, lanjut Wabup, di bawah kaki Gunung Papandayan ada 7 destinasi wisata baru yakni Camping Ground, Taman Kopi, dan lebih dari 109 destinasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Garut.

“Disbudpar harus lebih giat lagi mempromosikan wisata baru sebagai wisata alternatif. Manfaatkan teknologi informasi dalam pemasaran pariwisata, meskipun demikian promosi konvensional juga tetap harus dilakukan. Kebanyakan mereka yang ingin berlibur ke Garut ini ingin menikmati pemandangan alamnya yang khas pegunungan,” kata Wakil Bupati, saat dihubungi wartawan, Selasa (26/12).

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, saat memantau beberapa kawasan obyek wisata di wilayah Kabupaten Garut.

Meskipun sejumlah objek wisata yang ada di Garut itu berada dibawah pengelolaan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Perum Perhutani, Pemkab Garut melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tetap wajib mempromosikannya. Karena dengan bergeliatnya sektor pariwisata akan memutar roda ekonomi masyarakat sekitar, ungkap Helmi.

Menurut Helmi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat mendongkrak angka kunjungan wisata ke suatu daerah. “Peran media sosial misalnya, sangat penting dan efektif dalam mempromosikan pariwisata suatu daerah,” kata Wabup.

Sejumlah cara dijelaskan Helmi demi mengingatkan pemerintah daerah akan pentingnya beberapa unsur pariwisata.

“Pertama, apa yang bisa dilihat oleh wisatawan, misalnya sarana prasarana pendukung yang dapat menambah keindahan, kenyamanan, serta keamanan bagi wisatawan,” pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY